Hari AIDS International

Peringati Hari AIDS, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Gelar Kampanye di Arena Car Free Day

Memperingati Hari AIDS Sedunia, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoksi) cabang Surabaya menggelar kampanye di Jalan Darmo.

surya.co.id/habibur rohman
KAMPANYE PENCEGAHAN - Peserta secara bersama melakukan beberapa gerakan senam saat memperingati 'Hari AIDS Sedunia 2019'di area Car Free Day Jl Raya Darmo Surabaya, Minggu (1/12/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Memperingati Hari AIDS Sedunia, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoksi) cabang Surabaya menggelar kampanye di Jalan Darmo, Minggu (1/12/2019).

Mengenakan busana dominasi hitam-merah lengkap dengan pita merah dan atribut, para dokter, mahasiswa, dan simpatisan, mengikuti serangkaian acara.

Mulai dari senam, sosialisasi, dan konsultasi bersama.

Untuk sosialisasi, para peserta berkeliling sambil membawa beragam poster yang berisi informasi, mulai dari penularan hingga cara pencegahan IMS dan HIV AIDS.

Mereka mendatangi masyarakat, khsususnya anak muda yang sedang berjalan, duduk, atau sekadar menikmati jajanan.

dr Ary Widhyasti Bandem MKes SpKK FINSDV FAADV, ketua Perdoksi Surabaya, menyampaikan, angka penderita HIV AIDS di Surabaya terbilang tinggi.

"Jawa Timur menduduki posisi kedua terbanyak penderita HIV AIDS secara nasional. Untuk Indonesia sendiri, kasus HIV meningkat setiap tahun. Jumlah kumulatif sampai Maret 2019 sebanyak 338.363 kasus," katanya.

Untuk itu, lanjut Ary, pihaknya ingit ikut menyukseskan triple zero eliminasi, yakni pada 2030 ditargetkan tidak ada kasus HIV baru, tidak ada kematian yang berhubungan dengan HIV AIDS, dan tidak ada diskriminasi terhadap ODHA.

Melalui kegiatan ini, Ary berharap, masyarakat bisa meningkatkan pengetahuan, kesadaran, serta kewaspadaan mengenai HIV AIDS.

"Secara global, temanya yakni communities make the difference. Artinya, bersama-sama, kita bisa membuat perubahan dan menyukseskan triple zero eliminasi," kata Ary.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved