Berita Tuban

Investasi 16 Miliar Dolar, Pertamina Sebut Kilang Tuban Tercanggih di Dunia

PT Pertamina mengklaim kilang minyak yang berada di Tuban merupakan salah satu kilang tercanggih di dunia

Investasi 16 Miliar Dolar, Pertamina Sebut Kilang Tuban Tercanggih di Dunia
SURYA.co.id/M Sudarsono
Dirut PT Pertamina, Nicke Widyawati bersama Menhub Budi Karya Sumadi, mengecek lokasi kilang minyak Tuban. 

SURYA.co.id | TUBAN - PT Pertamina mengklaim kilang minyak yang berada di Desa Wadung, Kaliuntu, Sumurgeng, Kecamatan Jenu, Tuban, merupakan salah satu kilang tercanggih di dunia.

Wajar saja perusahaan BUMN itu mengklaim kilang yang melibatkan Pertamina dan Rosneft asal Rusia merupakan yang tercanggih. Sebab, nilai investasi yang digelontorkan di atas lahan seluas 821 hektare itu tidaklah sedikit.

"Nilai investasi grass root refinery (GRR) 15-16 miliar dolar. Ini merupakan salah satu kilang tercanggih di dunia," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati saat meninjau restorasi lahan pantai, Minggu (1/12/2019).

Dia menjelaskan, jika sudah beroperasi di 2026, kilang akan memberikan tambahan pasokan untuk kebutuhan BBM, LPG dan Petrokimia berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Keberadaan kilang juga akan membawa dampak bagi masyarakat sekitar.

Pembangunan kilang tersebut juga akan menyerap 35% tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Penyerapan tenaga kerja yang dibutuhkan saat kontruksi sebanyak 20.000. Sedangkan saat kilang beroperasi yaitu 2.500 pekerja.

"Kilang tentu akan menambah pasokan BBM, kalau untuk tenaga kerja tentu sangat berdampak, kita restorasi pantai saja sudah melibatkan 270 tenaga kerja lokal, jika masih kurang akan ditambah," terangnya.

Sekadar diketahui, lahan yang dibutuhkan untuk kilang Pertamina-Rosneft asal Rusia yaitu seluas kurang lebih 821 hektare, rinciannya lahan warga 384 hektare, KLHK 328 hektare, dan lahan Perhutani 109 hektare.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved