Lifestyle

Salah Satu Kunci bagi Desainer untuk Menghadapi Persaingan di Era 4.0

Hari Santoso, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Regional Jawa Timur, bersama Budi Kurniawan dalam Design Gathering di VIVERE Surabaya.

Salah Satu Kunci bagi Desainer untuk Menghadapi Persaingan di Era 4.0
surya.co.id/sri handi lestari
Hari Santoso, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Regional Jawa Timur, bersama Budi Kurniawan, yang merupakan Interior Designer & Founder BK Interior & Architecture Planning Studio, dalam Design Gathering di VIVERE Surabaya. 

SURABAYA, SURYA - Di era disrupsi saat ini, profesi desainer interior juga harus melakukan inovasi agar bisa bertahan dalam menghadapi perubahan jaman.

Disrupsi merupakan fenomena ketika masyarakat menggeser aktivitas-aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata, ke dunia maya.

"Nah, bagi desainer interior yang sebelumnya konvensional, harus bisa mengikuti era disrupsi ini dengan melakukan kolaborasi dan bisa memanfaatkan teknologi yang ada," kata Hari Santoso, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Regional Jawa Timur.

Hari mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara dalam kegiatan Interior Designers Gathering di VIVERE Multi Kreasi, Surabaya, Kamis (28/11/2019) malam.

Dia menyebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kolaborasi dan memanfatkan teknologi yang sudah meningkat tersebut.

Kolaborasi bisa dilakukan dengan menampilkan karya desain interior tidak sekedar display pada ruang, tapi juga bisa display di area umum, dalam kegiatan gathering, seperti fashion show, gandeng pengembang perumahan, apartemen atau hotel dan lain sebagainya.

"Juga memanfaatkam teknologi itu, seperti media sosial untuk sharing dan komunikasi tentang desain interior. Tidak lagi terbatas pada kantor khusus dengan ruang penuh display," ungkap Hari.

Trend kantor bersama atau co-working space bisa menjadi pendukung paling mudah saat ini.

Pemanfaatan teknologi aplikasi pada sistem Internet of Thing (IoT), bisa menggantikan ruang display atau studio.

Di atas laptop atau komputer jinjing bahkan smartphone, bisa memberi gambaran desain interior yang diinginkan.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved