Advertorial

Pertama Digelar, OPOP Expo Bukukan Transaksi 0,5 Miliar, Khofifah: "Tahun Depan Pasti Melompat!"

Expo ini diikuti 73 pondok pesantren di 40 stan yang terisi penuh. Total transaksi dan omset yang dibukukan mencapai Rp595 juta.

Pertama Digelar, OPOP Expo Bukukan Transaksi 0,5 Miliar, Khofifah:
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat sambutan di pembukaan OPOP Expo 2019 di Jatim Expo, Jumat (29/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penutupan One Pesantren One Product (OPOP) Expo berlangsung meriah, Sabtu (30/11/2019) malam. Acara ini ditutup langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Berlangsung di JX Internasional, Surabaya, acara ini dihadiri oleh peserta OPOP yang berasal dari kalangan pesantren. Juga, sejumlah stakeholder di lingkungan Pemprov Jawa Timur, sejumlah rektor universitas di Surabaya, dan perbankan mitra OPOP.

Wakil Ketua OPOP 1 Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi pada laporannya menyampaikan bahwa rangkaian program ekonomi di lingkungan pondok pesantren dapat terselenggara dengan baik. Selama tiga hari, penyelenggaraan ini melibatkan 4.319 pengunjung.

Expo ini diikuti 73 pondok pesantren di 40 stan yang terisi penuh. Total transaksi dan omset yang dibukukan mencapai Rp595 juta.

"Ini belum terhitung transaksi yang non tunai. Ini merupakan capaian menarik, mengingat Expo ini baru kali pertama dilakukan," kata Mas Purnomo Hadi yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Ini.

Selain gelaran stan yang memamerkan produk pesantren, acara ini juga diisi sejumlah kegiatan yang menyangkut peningkatan bisnis pesantren. Di antaranya, beberapa MoU kerjasama antara Pemrov Jatim, dengan beberapa pihak, mulai Angkasa Pura, Bank Jatim, Tim OPOP.

Kemudian, Ngaji Enterpreneur, lomba khasidah muslimah, lomba mewarnai, lomba bisnis plan, lomba jingle yang melibatkan berbagai kelompok usia. Adapula, Workshop pembiayaan OPOP, Sosialisasi keuangan syariah, Rembuk bisnis pesantren, Pasar sembako murah, hinngga hadiah Umroh bagi yang beruntung.

"Kesuksesan hari ini menjadi bukti bahwa semua pihak mendukung program Ibu Gubernur. Mari terus sukseskan program OPOP sampai kapan pun," tegasnya.

Di sisi lain, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi gelaran ini. Pihaknya menyebut jumlah transaksi tersebut menjadi modal positif untuk gelaran OPOP Expo berikutnya.

"Kita sedang mencatatkan sejarah. OPOP Expo kali pertama, jumlahnya kecil dibandingkan dengan Expo lainnya. Namun, jangan mengecilkan," kata Khofifah.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved