Berita Tuban

Menhub Dukung Reklamasi Kilang Minyak Tuban Untuk Pembuatan Pelabuhan

Lokasi kilang minyak grass root refinery (GRR), yang berlokasi di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu

Menhub Dukung Reklamasi Kilang Minyak Tuban Untuk Pembuatan Pelabuhan
surya.co.id/m sudarsono
Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat mengecek masterplane pembangunan pelabuhan kilang minyak GRR di Kecamatan Jenu, Tuban, Sabtu (30/11/2019). 

SURYA.co.id | TUBAN - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi berkunjung ke lokasi kilang minyak grass root refinery (GRR), yang berlokasi di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Sabtu (30/11/2019).

Dalam kunjungannya ke kilang minyak Pertamina-Rosneft itu, Menhub didampingi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Nicke Widyawati.

"Ini untuk mengecek progres pembangunan pelabuhan atau jetty," kata Budi kepada wartawan di lokasi.

Dia menjelaskan, untuk rencana pembangunan dermaga atau pelabuhan ini baru pada tahap restorasi pantai (pengembalian daratan pantai yang tergerus abrasi, red).

Sedangkan apabila restorasi sudah selesai, lalu diperlukan reklamasi, maka pihaknya akan mendukung upaya tersebut demi percepatan pembangunan.

"Ini baru direstorasi, karena ada yang tergerus saat abrasi. Saya dukung reklamasi untuk pembangunan pelabuhan," terangnya.

Ditambahkannya, jika restorasi maupun reklamasi selesai, maka pelabuhan direncanakan akan dibangun sepanjang sekitar 400-500 meter. Sedangkan lebarnya menyesuaikan kebutuhan.

Namun untuk pelaksanaannya bersamaan dengan konstruksi pembangunan kilang minyak GRR, jadi tidak langsung cepat selesai.

"Yang dikerjakan pihak pertamina saat ini restorasi, dan disusul reklamasi sekitar 200 hektare, ini bisa untuk wilayah kilang maupun pelabuhan. Pembuatan pelabuhannya berjalan bersama dengan kilang, jadi batas selesainya hingga 2026 berdasarkan waktu operasional," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved