Khofifah Percepat Operasional SPAM Umbulan Sebelum Akhir Tahun 2019

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus meminta agar SPAM Umbulan bisa segera dioperasionalkan sebelum tutup tahun 2019.

Khofifah Percepat Operasional SPAM Umbulan Sebelum Akhir Tahun 2019
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah mengadakan kunjungan mendadak ke proyek SPAM Umbulan di Desa Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, Sabtu (30/11/2019) 

SURYA.co.id | PASURUAN - Progres penyelesaian proyek SPAM Umbulan terus dikebut. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus meminta agar SPAM Umbulan bisa segera dioperasionalkan sebelum tutup tahun 2019.

Untuk mendorong percepatan operasional proyek SPAM Umbulan tersebut Khofifah mengadakan kunjungan mendadak ke proyek SPAM Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (30/11/2019).

Khofifah mengecek kesiapan pipanisasi untuk distribusi air SPAM Umbulan ke lima kabupaten dan kota. Yaitu Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan juga Kabupaten Gresik.

"Secara infrastruktur di Pasuruan baik kabupaten maupun kota sudah selesai. Kabupaten Sidoarjo sudah selesai, Kota Surabaya juga sudah selesai sampai Putat Gede, Gresik juga sudah selesai. Dari 63 kilometer pipa dari Pasuruan ke Gresik, yang masih belum nyambung tinggal 900 meter di Surabaya," kata Khofifah.

Pembebasan lahan untuk penyambungan pipa disebut menjadi kendala mengapa pipa belum tersambung. Namun kondisi ini menurut Khofifah tak boleh menjadi alasan molornya operasional distribusi air SPAM Umbulan.

Jika pipa yang sudah tersambung berujung di Kota Surabaya, maka menurut mantan Mensos RI ini, operasional SPAM Umbulan bisa dimulai seadanya yaitu dari Pasuruan ke Surabaya. Toh jika dihitung panjang sampai Surabaya proyek tersebut sudah menyentuk progres 75 persen.

"Maksimal minggu ketiga bulan Desember 2019 kita akan mulai operasionalkan distribusi air bersih dari proyek SPAM Umbulan. Distribusi air bersih akan dilakukan mulai Kabupaten Pasuruan sampai ke Kota Surabaya dengan titik akhirnya di Putat Gede," tegas wanita yang juga mantan Menteri Pembedayaan Perempuan ini.

Sedangkan dari Putat Gede sampai wilayah Kabupaten Gresik dikatakan Khofifah diharapkan masyarakat bersabar dulu hingga penyelesaian 900 meter jaringan pipa yang kini belum tersambung, rampung dilakukan.

Sebagaimana diketahui SPAM Umbulan ditetapkan sebagai PSN pada tahun 2017 lalu. Proyek SPAM Umbulan kini sejatinya sudah masuk tahap akhir pembangunan infrastuktur jaringan perpipaan. Pembangunan jaringan pipa kini di lima kabupaten dan kota sudah berprogres 93 persen.

Jika distribusi air SPAM Umbulan yang memiliki debit 4.000 liter per detik ini beroperasi, maka akan ada 1,3 juta penduduk yang terbantu masalah kebutuhan air bersihnya melalui 31.000 sambungan PDAM baru.

"Prinsipnya kami ingin percepatan operasional distribusi air bersih dari SPAM Umbulan bisa segera dilakukan, karena kebutuhan masyarakat kita terhadap air bersih ini tinggi sekali," tegasnya. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved