Breaking News:

Advertorial

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Cetak Dokter Berkualitas dan Berkarakter

Pendidikan FK UKWMS juga didukung dengan keberadaan Rumah Sakit Gotong Royong yang telah terakreditasi paripurna.

ADV
Gedung RS Gotong Royong, Surabaya, sebagai RS Pendidikan milik UKWMS yang sudah terakreditasi paripurna, berlokasi strategis di dalam Kota Surabaya dekat Jalan Raya Soekarno Hatta (MER) Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tantangan dan kompetisi global semakin berat. Mengatasi hal tersebut, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berkomitmen untuk mencetak lulusan berkompeten dan mampu bersaing secara global.

Fakultas Kedokteran (FK) menjadi salah satu fakultas unggulan yang dimiliki UKWMS. Berlokasi di Pakuwon City, FK UKWMS mengelola program studi kedokteran (program sarjana) dan program studi profesi dokter yang memperoleh izin penyelenggaraan pada 23 Maret 2011 melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No 49/E/O/2011 dan 21 Oktober 2013 melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 544/E/O/2013.

Kelulusan UKMPPD Lebih dari 90%

Saat ini FK telah melantik dan mengambil sumpah dokter sebanyak 3 angkatan dengan persentase lulusan dokter sebagai berikut :

- Angkatan I sebanyak 92% (35 dokter)
- Angkatan II sebanyak 95% (48 dokter)
- Angkatan III sebanyak 95% (82 dokter)

Dengan demikian sampai tahun 2019 ini FK UKWMS telah mencetak 165 dokter.

Angkatan I telah menyelesaikan internship pada tahun 2018 dan 2 dari alumni angkatan I telah diterima di Pendidikan dokter spesialis THT di Universitas Brawijaya, dan Pendidikan Psikiatri di Universitas Airlangga. Angkatan II baru saja menyelesaikan internship pada bulan November 2019.

Sarana dan Prasarana Pendidikan FK UKWMS

Rumah sakit pendidikan utama FK UKWMS adalah RS PHC Surabaya yang sudah terakreditasi sebagai rumah sakit pendidikan utama sejak 2018.

Pendidikan FK UKWMS juga didukung dengan keberadaan Rumah Sakit Gotong Royong yang telah terakreditasi paripurna.

RS ini milik Yayasan Widya Mandala Surabaya dan merupakan RS milik sendiri UKWMS. Hal ini akan mempermudah mahasiswa dalam tahap pendidikan profesi dokter.

Selain itu terdapat 4 Rumah Sakit Satelit, dan 4 Rumah Sakit Afiliasi. FK bekerja sama pula dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dan 9 Puskesmas di Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya.

Terjalin juga kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan dan penelitian di dalam dan luar negeri, antara lain Universitas Airlangga Surabaya, UHT Surabaya, Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta, Universitas Udayana Bali, Kaohsiung Medical University-Taiwan, Sydney Medical School-Australia, Sing-Health Singapore.

FK UKWMS mempunyai 21 Departemen, dengan tenaga dosen berjumlah 65 orang yang terdiri dari 7 Guru Besar, 11 bergelar Doktor, dan sebagian besar Spesialis dan S2.

Jajaran Dekanat FK UKWMS, dari kiri : Dr. Benedictus Triagung Ruddy Prabantoro, dr., Sp.OG(K) (Wakil Dekan I); Prof. DR. Paul L Tahalele, dr., Sp.BTKV(K) (Dekan); Gladdy Lysias Waworuntu, dr., MS. (Wakil Dekan II); PY. Kusuma T., dr., Sp.OG(K) (Wakil Dekan III).
Jajaran Dekanat FK UKWMS, dari kiri : Dr. Benedictus Triagung Ruddy Prabantoro, dr., Sp.OG(K) (Wakil Dekan I); Prof. DR. Paul L Tahalele, dr., Sp.BTKV(K) (Dekan); Gladdy Lysias Waworuntu, dr., MS. (Wakil Dekan II); PY. Kusuma T., dr., Sp.OG(K) (Wakil Dekan III). (Adv)

Pendidikan Berkualitas Fk Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menghasilkan Mahasiswa yang Berprestasi dan Lulusan UKMPPD Terbaik Nasional

Kualitas pendidikan FK UKWMS juga dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih, di antaranya oleh mahasiswa FK UKWMS semester VII, Jose Giovanny yang dinobatkan sebagai Best Presenter pada ajang International Conference of Essential Oil 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Oktober 2019 di Banda Aceh.

Selain itu, mahasiswa FK bernama Angky Saputra (angkatan ke-III periode 2019) meraih nilai tertinggi kedua nasional ujian CBT (91,5) yang mana peringkat pertama meraih nilai 92.

Muhammad Nur Rezki, S.Ked. terpilih untuk mempresentasikan karya ilmiah berjudul Peran Keluarga terhadap Peningkatan Kualitas Hidup para Lansia dalam Forum Ilmiah Tahunan ke-3 Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia di Manado pada 17–19 Oktober 2017.

Tidak hanya mahasiswa yang berprestasi pada tahun 2019, tiga dosen Fakultas Kedokteran, yaitu (1) dr. F.X. Himawan Haryanto Jong, M.Si sedang melaksanakan studi Doktoral di Westmead Institute for Medical Research, The University of Sydney sejak Oktober 2019. (2) dr. Silvia Sutandhio pada bulan Agustus 2019 berhasil meraih beasiswa dari Kobe University Jepang dan (3) dr. Yudhiakuari Sincihu, M.Kes. berhasil meraih beasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga.

Pengembangan Soft Skills (Kepemimpinan)

Tidak hanya aspek akademik saja yang menjadi perhatian dalam bidang pendidikan, namun mahasiswa juga dilatih untuk mengembangkan soft skill yang prima sehingga dapat menghasilkan dokter profesional bintang 5. Hal ini sesuai dengan motto UKWMS yaitu Non Scholae, Sed Vitae Discimus (Kita belajar bukan demi ilmu pengetahuan semata, melainkan juga demi kehidupan).

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved