Berita Sidoarjo

Paham Manfaat Pajak Berkat Mural di Tembok Warung Kopi

Adrian mencari artikel tentang manfaat pajak karena penasaran. "Gara-gara lihat mural di dinding itu," sebutnya sambil menunjuk dinding warkop

Paham Manfaat Pajak Berkat Mural di Tembok Warung Kopi
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Mural di sekitaran Warung Gangsar di Buduran Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Hal yang terlihat sangat sederhana ternyata bisa mengedukasi banyak orang tentang manfaat pajak yang luar biasa. Misalnya lewat mural, banyak warga menjadi paham tentang apa itu pajak dan berbagai manfaatnya.

Adrian terlihat asyik dengan ponselnya. Sesekali dia ngobrol dengan rekannya sambil meminum kopi di warung yang berada di Desa Siwalan Panji, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

"Ternyata banyak sekali manfaat pajak untuk kita. Berbagai pembangunan dan kemajuan negara ini salah satu sumber pendanaan terbesarnya dari pajak," ujar pemuda bertubuh tegap itu saat berbincang dengan teman ngopinya.

Dia mengaku baru tahu dan paham tentang itu setelah berselancar di internet menggunakan ponselnya saat ngopi di warkop berfasilitas wifi gratis tersebut.

Adrian mencari berbagai artikel tentang manfaat pajak karena penasaran. "Gara-gara melihat mural di dinding itu," sebutnya sambil menunjuk dinding di sekitaran Warkop Gangsar.

Ya, berbagai gambar di tembok seputaran warung itu memang hampir semua terkait pajak. Mulai dari gambar siluet gedung dengan tulisan pajak kita untuk kita, tulisan 75 persen penerimaan negara bersumber dari pajak, dan sebagainya.

Bahkan, ada gambar sejumlah gedung seperti foto lanskap kota yang di setiap bagiannya ada grafis tentang alur pengalokasian uang dari pajak. Untuk fasilitas pelayanan umum, pendidikan, sosial, ekonomi, pertahanan, pariwisata, kesehatan, keagamaan, dan berbagai lainnya.

"Penasaran setelah melihat gambar-gambar itu, kemudian saya cari artikel-artikel tentang pajak di internet. Lumayan nambah pengetahuan, sekarang jadi lebih paham tentang manfaat pajak," tukas Adrian.

Tak jauh beda yang dilakukan Argo Wisnu. Gara-gara melihat mural di dinding sekitaran warung kopi itu, dirinya pun mencari tahu berbagai hal tentang pajak ketika mampir ngopi di warung milik Ismail tersebut.

Sedikit pengetahuannya tentang pajak pun mendadak jadi banyak. Sekitar 40 menit membaca beberapa artikel dan melihat sejumlah video di youtube tentang pajak, Wisnu sekarang paham manfaat pajak.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved