KONI Jatim Bantah Pemulangan Atlet Senam Lantai Asal Kediri Karena Tak Perawan

"Jadi intinya tidak karena status keperawanan. Ini soal kedisiplinan, terutama soal prestasi, karena setiap cabang olahraga ada standarnya," katanya

KONI Jatim Bantah Pemulangan Atlet Senam Lantai Asal Kediri Karena Tak Perawan
Kolase Kompas.com/Tribunnews
Bukan Tak Perawan, Ini Alasan Sebenarnya Atlet SEA Games 2019 Shalfa Avrila Dipulangkan Persani 

SURYA.co.id, SURABAYA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim membantah bahwa pemulangan atlet senam lantai asal kabupaten Kediri, Shalfa Avirila Sania, karena tidak perawan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian KONI Jatim, M. Nabil.

Disampaikan Nabil, berdasarkan penyelidikan serta laporan yang diterima dari pelatih Timnas, pernyataan bahwa atlet dipulangkan karena tidak perawan sama sekali tidak benar.

Menurut Nabil, pencoretan dilakukan karena atlet berusia 17 tahun itu melakukan tindakan indisipliner.

"Jadi intinya tidak karena status keperawanan. Ini soal kedisiplinan, terutama soal prestasi, karena setiap cabang olahraga ada standarnya masing-masing,"  terang Nabil, Jumat (29/11/2019).

Sebelumnya beredar rumor pemulangan atlet Senam Lantai yang diproyeksikan untuk SEA Games Filipina dipulangkan akibat pernyataan bahwa ia tidak perawan.

Bahkan, Nabil menegaskan isu itu sama sekali tidak benar, karena pihaknya sudah membuktikan dengan melakukan tes secara medis.

"Sudah kita buktikan, dan hasilnya dia itu masih perawan," tambahnya.

Hanya saja, dikatakan Nabil, pihaknya belum mengetahui persis mengapa tuduhan itu disampaikan dan dibesar-besarkan di media.

Apalagi substansi dari yang dipersoalkan, sama sekali tak ada hubungannya dengan prestasi atlet.

"Ini kan tidak ada hubungannya dengan prestasi atlet. Misalnya dia (atlet) melakukan kesalahan moral, kemudian terbukti zinah, narkoba, pencurian, kita keluarkan," tambah Nabil.

Sebaliknya, Nabil sangat menyayangkan atas pernyataan tersebut, Karena ini menyangkut privasi atlet, apalagi ini menjadi aib keluarga.

"Ini kasihan atletnya, karena privasinya kebuka. Keluarga juga menjadi sedih. Menurut saya hal ini tidak harus diumbar, karena akan menjadi aib keluarga," katanya.

Dituding Tak Perawan, Atlet Senam Pelatnas Sea Games Dipulangkan Paksa

Penulis: Khairul Amin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved