Berita Jember

Warga Desa Curahlele Jember Gelar Festival Sedekah Bumi, Ini Tujuannya

Warga Desa Curahlele, Kecamatan Balung, Jember, menggelar Festival Sedekah Bumi, Rabu (27/11/2019)

Warga Desa Curahlele Jember Gelar Festival Sedekah Bumi, Ini Tujuannya
sri wahyunik/surya
Warga Desa Curahlele, Kecamatan Balung, Jember, menggelar Festival Sedekah Bumi, Rabu (27/11/2019). Festival ini untuk merayakan hari jadi Desa Curahlele sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

SURYA.co.id | JEMBER - Warga Desa Curahlele, Kecamatan Balung, Jember, menggelar Festival Sedekah Bumi, Rabu (27/11/2019). Festival ini untuk merayakan hari jadi Desa Curahlele sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Warga sangat antusias dengan gelaran festival ini. Mereka menggelar festival ini secara meriah. Ada 27 gunungan hasil bumi dari masing-masing RT.

Gunungan hasil bumi itu diarak di jalan desa. Ada penjurian untuk masing-masing gunungan hasil bumi. Pengumuman pemenang gunungan hasil bumi itu dilakukan di Kantor Desa Curahlele.

Kepala Desa Curahlele, H Abdul Hamid, mengatakan peringatan hari jadi desa ini diisi oleh Festival Sedekah Bumi berupa ancak gunung dari masing-masing RT yang juga diikuti oleh umum.

Gunungan terdiri atas berbagai macam hasil bumi.

"Ini merupakatan pestanya warga Curahlele untuk memperingati hari jadi desanya, sebagai ucapan syukur serta agar desa ini mendapat keberkahan, baik masyarakat maupun pemerintahannya bisa berkah sehingga menjadi desa yang makmur dan sejahtera masyarakanya," ujar Hamid.

Hamid menuturkan festival ini dijadwalkan akan digelar setiap tahun.

"Ini pertama kalinya, namun alhamdulillah saya tidak menyangka antusiasme warga akan seperti ini, pastinya tahun depan akan lebih meriah," tegasnya.

Festival Sedekah Bumi itu juga diwarnai dengan pengajian yang digelar, Rabu (27/11/2019) malam.

Melalui pengajian itu, warga desa setempat mendoakan para leluhur yang telah berjasa membuka kawasan itu menjadi Desa Curahlele.

"Saya sebagai Kepala Desa Curahlele yang baru mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka semua baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada, semoga bisa meneladani dan memperjuangkan cita-cita mereka untuk membawa Desa Curahlele ke arah yang lebih baik," ungkapnya.

Perwakilan peserta dari RT 10 RW 03 mengatakan membutuhkan waktu dua hari dua malam untuk membuat gunungan hasil bumi tersebut.

Gunungan dari RT ini menyedot perhatian warga karena terlihat mewah

"Semua warga terlibat, ada yang menyumbang dana, buah dan hasil bumi, juga menyumbang doa," ujar Ketua RT 10 RW 03 Rohman.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved