Sambang Kampung

Tak Cuma Kebun Hidroponik, Warga Perumahan Manyar Indah RW 06 Surabaya Juga Giatkan Nol Sampah

Lingkungan yang bersih menjadi karakteristik Perumahan Manyar Indah RW 06 Surabaya.

Tak Cuma Kebun Hidroponik, Warga Perumahan Manyar Indah RW 06 Surabaya Juga Giatkan Nol Sampah
sugiharto/surya
Warga Perumahan Manyar Indah RW 06 menengok komposter warga. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lingkungan yang bersih menjadi karakteristik Perumahan Manyar Indah RW 06 Surabaya. Bagaimana tidak, memasuki area perumahan, tidak terlihat sampah yang berserakan.

Hal ini karena warga menerapkan program nol sampah, yakni program yang meminimalisir sampah di lingkungan rumah. Pegiat Program Nol Sampah Perumahan Manyar Indah RW 06, Fitria Perwitasari, mengatakan program ini untuk membentuk mindset warga agar terus menjaga lingkungannya.

"Hal-hal kecil, seperti menggalakkan bank sampah, penting untuk dilakukan. Ini untuk kebaikan warga bersama," kata Fitria.

Ibu-Ibu Perumahan Manyar Indah RW 06 Semangat Ingin Jadikan Wilayahnya Sebagai Kampung Hidroponik

Lurah Menur Pumpungan, Nurul Muzayanah, menambahkan Perumahan Manyar Indah RW 06 memiliki bank sampah yang dimaksimalkan oleh warga.

"Bank sampah yang menampung sampah-sampah kering. Nantinya, sampah-sampah tersebut, beberapa dijual. Hasilnya dikembalikan lagi ke warga untuk keperluan, seperti membeli bibit tanaman dan sebagainya. Sisanya, kami daur ulang" katanya.

Sementara sampah basah, lanjut Nurul, diolah menjadi kompos, kemudian dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Tidak hanya itu, lingkungan permukiman pun dihiasi beragam produk daur ulang dari botol plastik bekas. Puluhan hiasan tersebut menjuntai di langit-langit. Warnanya yang beragam menambah keindahan perumahan

"Saya sangat senang, masyarakat kini semakin peduli keindahan lingkungan. Kami menjalankan program 3R, yakni reuse, reduce, dan recycle," ungkapnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved