Berita Nganjuk

Kenalkan Makanan Khas Daerah, Bakorwil Bojonegoro Gelar Festival Makanan Tradisional di Nganjuk

Kenalkan makanan khas daerah kepada masyarakat, Bakorwil Bojonegoro gelar festival makanan di Kabupaten Nganjuk.

Kenalkan Makanan Khas Daerah, Bakorwil Bojonegoro Gelar Festival Makanan Tradisional di Nganjuk
surya.co.id/ahmad amru muis
Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat didampingi Kepala Bakorwil Bojonegoro, Abimanyu (baju batik) saat memasak makanan tradisional dalam Festival Makanan Khas Daerah di Pendopo Pemkab Nganjuk. 

SURYA.co.id | NGANJUK - Kenalkan makanan khas daerah kepada masyarakat, Bakorwil Bojonegoro gelar festival makanan di Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak delapan Kabupaten/Kota di wilayah Bakorwil Bojonegoro.
Meliputi Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Gresik, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Nganjuk.

Kepala Bakorwil Bojonegoro, Abimanyu menjelaskan, festival makanan khas daerah tersebut hingga saat ini sudah dilakukan sembilan kali.

Dan kegiatan tersebut diselenggarakan secara rutin setidaknya setiap tahun sekali secara bergiliran di Kabupaten/Kota yang masuk wilayah Bakorwil Bojonegoro.

"Untuk kali ini kegiatan Festival makanan khas daerah digelar di Kabupaten Nganjuk dengan menampilkan makanan khas tradisional andalan masing-masing," kata Abimanyu, Rabu (27/11/2019).

Dijelaskan Abimanyu, dalam setiap kegiatan festival makanan daerah tersebut sengaja ditampilkan secara sederhana tetapi tidak mengurangi kelezatan dari cita rasa makanan khas daerah tersebut.

Seperti makanan pepes lele yang diolah dan ditampilkan oleh salah satu Kabupaten peserta festival dinilai cukup menarik selera.

"Meski begitu belum tentu sajian makanan khas pepes lele tersebut bisa menjadi pemenang dalam festival makanan khas daerah saat ini. Karena tim juri memiliki standar penilaian tersendiri, dan tentunya itu memberi motivasi tersendiri bagi peserta festival makanan," ucap Abimanyu.

Sementara Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat menambahkan, Pemkab Nganjuk berterima kasih kepada Bakorwil Bojonegoro yang telah memberi kesempatan kepada Kabupaten Nganjuk menjadi tuan rumah festival makanan khas daerah.

Di mana kegiatan tersebut menjadi salah satu momen kesempatan bagi Kabupaten Nganjuk untuk bisa menampilkan makanan khas daerahnya.

"Jadi ini bagi kami sebagai ajang pengenalan makanan khas daerah yang tidak kalah dengan makanan olahan modern, dan kami sekaligus juga bisa mengetahui serta menikmati makanan khas daerah lain yang ditampilkan dalam festival kali ini," kata Novi Rahman Hidhayat.

Oleh karena itu, ungkap Mas Novi, panggilan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat, pihaknya berharap kegiatan festival terus digelar oleh Bakorwil Bojonegoro dengan penyelenggara bergantian dan semakin ditingkatkan kualitasnya.

Jika perlu kegiatan tersebut digelar lebih banyak lagi menampilkan makanan khas daerah yang potensinya cukup besar untuk bisa dikembangkan.

"Dan tentunya momen festival ini sebagai kesempatan bagi makanan khas masing-masing daerah untuk bisa dikenal dan ditampilkan serta dinikmati kelezatanya sehingga dikenal masyarakat luas," tutur Mas Novi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved