Berita Surabaya

Diyakini Tahun Ini Kota Surabaya Tak Akan Ada Lagi Banjir, Tapi Surabaya Barat Dibilang Masih Rentan

Drainase yang saat ini sudah dikerjakan di hampir semua wilayah Surabaya juga sudah tuntas. Hanya ada beberapa titik yang masih dalam pengerjaan.

Diyakini Tahun Ini Kota Surabaya Tak Akan Ada Lagi Banjir, Tapi Surabaya Barat Dibilang Masih Rentan
ist
Sebuah mobil terjebak banjir di Surabaya Barat, pada bulan Januari lalu 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPP Linmas) Surabaya, Eddy Christijanto meyakini bahwa musim hujan yang mulai tiba tidak akan menimbulkan banjir. Setidaknya, Kota Surabaya tidak lagi dilanda genangan berkepanjangan.

"Kami optimistis genangan air di Surabaya saat musim hujan tidak akan berlangsung lama. Sebab saluran air dengan sistem box culvert sudah hampir merata di wilayah kota, sehingga saluran air akan lancar," kata Eddy, Rabu (27/11/2019).

Drainase yang saat ini sudah dikerjakan di hampir semua wilayah Surabaya juga sudah tuntas. Hanya ada beberapa titik yang memang masih dalam pengerjaan. Termasuk salah satu yang utama adalah proyek box culvert Manukan, di Surabaya Barat.

Namun, untuk wilayah tengah atau wilayah lain selain Surabaya Barat, saluran air akan berjalan maksimal.

"Kalau besok ada genangan saat hujan berkepanjangan sifatnya sementara. Kami yakin hujan tahun ini Surabaya lebih siap. Normalisasi saluran terus dilakukan," kata Eddy. 

Meski demikian, Surabaya Barat termasuk Perumahan Citra Land, Pakal, Benowo dan wilayah Barat lainnya masih berpotensi terjadi genangan. Sebab saluran air di wilayah tersebut masih dalam pengerjaan.

Eddy menegaskan, dalam mitigasi bencana yang dilakukan, tidak ada potensi banjir di wilayah Surabaya.

Tahun lalu itu potensi genangan bahkan tidak kelihatan. Kecuali bersamaan dengan air pasang bersamaan hujan sehingga memunculkan genangan. 

Eddy tidak bisa menyebut titik rawan genangan yang selama ini melanda Surabaya dan potensi banjir. Sebab, menurutnya ini adalah wewenang Dinas PU Bina Marga dan Pematusan.

Namun, seiring pembangunan drainase yang menyeluruh, banjir Surabaya akan terkurangi tahun ini. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved