Berita Blitar

Dewan Giliran Plototi Proyek Jembatan Rp 4,7 Miliar yang Tiang Penyangganya sempat Kropos

Kini anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar giliran melototi proyek jembatan yang ada di jalan raya Dusun Unggahan, Desa Tawangrejo, Binangun.

Dewan Giliran Plototi Proyek Jembatan Rp 4,7 Miliar yang Tiang Penyangganya sempat Kropos
surya.co.id/imam taufiq
Proyek jalan setelah dibongkar, kini sudah diratakan dan dipasang penulangan besi. 

SURYA.co.id | BLITAR - Berhasil membuat rekanan proyek jalan melunak dengan membongkar cor beton, kini anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar giliran melototi proyek jembatan yang ada di jalan raya Dusun Unggahan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun.

Alasan dewan, karena si rekanan yang CV-nya beralamatkan Sidoarjo itu dianggap tak ada ektikat baik.

Sebab, sejak disidak, Kamis (22/11) siang lalu, dan ditemukan ada dugaan kesalahan pengerjaan karena cornya dianggap tak padat alias keropos, hingga Selasa (27/11) siang kemarin, belum ada perbaikan.

Jika si rekanan tak ada ektikat baik untuk memperbaikinya, maka dewan sudah mengagendakan untuk memanggil Puguh Imam Susanto, Kadis Dinas PUPR, dan pihak rekanan, Solikin.

"Pokoknya, kami minta harus ada perbaikan karena saat kami sidak, kami menemukan pengerjaan yang kurang bagus. Masak, cor tiang penyangga jembatan itu memprur (keropos) dan terlihat besi betonesernya," kata Sugianto, Ketua Komisi III, Selasa (27/11).

Bagaimana cara memperbaikinya, apa cukup hanya ditambal dengan yiyitan (adukan semen) atau harus dicor ulang?

Menurutnya, itu menunggu hasil hearing nanti. Jika ada cara lain, maka tak harus dibongkar. Dan, itu yang paham adalah rekanan.

"Intinya, anggota dewan hanya meminta agar konstruksi cor tiang penyangganya yang terlihat keropos itu harus jadi kuat atau dalam istilah konstruksi berkuatan K-300," tegas polisi dari partai Gerindra.

Menanggapi hal itu, Solikin mengatakan, pihaknya bukan tak ada etikad untuk menanggapi temuan dewan itu, namun ia menunggu tim ahli dari WIKA, yang akan menentukan kekuatan konstruksi cor itu.

"Kami sendiri masih menunggu tim itu," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Imam Taufiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved