Berita Surabaya

Begini Modus Peternak Lele Jadi Ulama Sakti Raup Duit Ratusan Juta, Mengaku Belajar Trik di Youtube

Disinggung motifnya melakukan praktik penipuan berkomplot itu, pelaku mengaku hanya sekadar untuk mencari uang

Begini Modus Peternak Lele Jadi Ulama Sakti Raup Duit Ratusan Juta, Mengaku Belajar Trik di Youtube
SURYA.co.id/Montase
ILUSTRASI - Penipuan bermodus pengganda uang 

SURYA.co.id | SURABAYA - Empat orang komplotan penipu bermodus penggandaan uang yang menyaru sebagai ulama sakti berhasil diringkus Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim.

Terungkap, selama beraksi komplotan tersebut menggunakan trik sulap sederhana pengubahan uang agar meyakinkan korbannya.

Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie menerangkan, para pelaku mengubah uang menggunakan trik sulap sederhana.

Para pelaku yang diduga terlibat dalam aksi tak terpuji itu adalah Andriono warga Ambon, Rudy Nainggolan warga Sumatera Utara, Hodri dan Ahmad Firman warga Jember.

Modusnya, sebelum korban mendatangi pelaku dan menjalankan ritual-ritual penggandaan uang, ungkap Andrias, pertama kali pelaku berupaya membujuk korban dengan menayangkan rekaman video kemampuan pelaku dalam menggandakan uang.

Tentunya rekaman video tersebut merupakan hasil rekayasa editing video.

"Nah itu dilakukan oleh pelaku bernama Rudy Nainggolan, dia bertemu korban di rumahnya di Sibolga Sumatera Utara," katanya di Halaman Gedung Ditreskrimum Mapolda Jatim, Rabu (27/11/2019).

Setelah berhasil diperdaya kemampuan tokoh ulama abal-abal pengganda uang di dalam rekaman tersebut, lanjut Andrias, pelaku Rudy lalu mengajak korban ke kediaman tokoh ulama palsu tersebut di Kabupaten Jember, sehari setelahnya.

Setibanya di rumah pelaku bernama Ahmad Firman di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, korban lantas ditunjukkan praktik penggandaan uang secara langsung oleh dua orang pelaku.

Andrias menyebut, total kerugian yang dialami korbannya sekitar Rp 650 Juta.

Halaman
12
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved