Berita Jember

Komisi C DPRD Jember Temukan Pabrik Tak Miliki IPAL di Kecamatan Arjasa, begini Reaksi Mereka

Komisi C DPRD Jember menginspeksi secara mendadak sebuah pabrik pengolahan kayu lapis di Kecamatan Arjasa, Jember, Selasa (26/11/2019).

Komisi C DPRD Jember Temukan Pabrik Tak Miliki IPAL di Kecamatan Arjasa, begini Reaksi Mereka
surya.co.id/sri wahyunik
Komisi C DPRD Jember melakukan sidak di lokasi pabrik kayu lapis di kecamatan Arjasa, Jember, Selasa (26/1/2019). 

Surya.co.id | JEMBER - Komisi C DPRD Jember menginspeksi secara mendadak sebuah pabrik pengolahan kayu lapis di Kecamatan Arjasa, Jember, Selasa (26/11/2019).

Kedatangan anggota Komisi C ke pabrik itu setelah mendapatkan laporan warga sekitar tentang dugaan adanya pembuangan limbah ke sungai di dekat pabrik tersebut.

Akibat pembuangan limbah itu, beberapa hari lalu, Sungai Bedadung yang berada di dekat pabrik itu berbusa. Busa itu diduga kuat merupakan limbah dari pabrik tersebut.

Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto, usai melakukan sidak ke tempat itu, mengakui menemukan sejumlah kejanggalan.

"Pabrik itu berdiri sejak tahun 2016, tetapi tidak memiliki IPAl (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Tidak memiliki IPAL namun sudah beroperasi. Hingga akhirnya baru mengajukan proses pembuatan IPAL dua bulan lalu," ujar David kepada Surya, Selasa (26/11/2019).

Dari pemantauan di lapangan, diketahui jika buih berwarna putih yang mengalir di Sungai Bedadung beberapa waktu lalu saat hujan deras berasal dari pabrik itu.

Buih itu berasal dari getah kayu yang terbawa air kemudian ke saluran air pembungan yang mengarah ke sungai tersebut.

"Memang diakui buih itu dari pabrik itu, katanya dari getah kayu," imbuhnya.

David melihat ada dugaan kejahatan terhadap lingkungan dalam hal itu. Saat Komisi C berkunjung ke pabrik itu, lanjutnya, pipa pembuangan yang menuju ke sungai sudah ditutup.

Karenanya, sungai di dekatnya tidak berbuih lagi.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved