Berita Nganjuk

Bupati Nganjuk Optimistis Pelaksanaan Pilkades Serentak Bakal Lancar

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat optimistis pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Nganjuk bakal berlangsung aman dan kondusif.

Bupati Nganjuk Optimistis Pelaksanaan Pilkades Serentak Bakal Lancar
surabaya.tribunnews.com/ahmad amru muiz
Tempat pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, Selasa (26/11/2019) 

SURYA.co.id | NGANJUK - Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat optimistis pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Nganjuk bakal berlangsung aman dan kondusif. 

Optimismenya itu diungkapkan setleha meninjau sejumlah TPS bersama Forkopimda. 

"Alhamdulillah, semuanya berjalan seperti perencanaan, kami berharap kondisi tersebut dipertahankan sampai dilakukan pelantikan kepada calon kades terpilih," kata Novi Rahman Hidhayat di sela kunjunganya ke TPS Pilkades di Desa Ngadiboyo, Kecamatan Rejoso, Selasa (26/11/2019).

Bupati Nganjuk yang akrab dipanggil Mas Novi ini berharap nantinya kepada Kades terpilih bisa menjalankan pembangunan menuju desa mandiri dan merangkul pihak calon kades yang kalah.

Artinya, semua calon kades yang tidak terpilih diharapkan memberi dukungan kepada Kades terpilih untuk dapat menjalankan pembangunan di Desanya.

"Siapapun calon yang terpilih itulah Kades kita. Yang kalah mendukung yang menang, yang menang merangkul yang kalah. Dan untuk apa ribut-ribut karena semuanya saudara," ucap Mas Novi.

Akan tetapi, ungkap Mas Novi, apabila ada yang kurang puas dengan pemilihan karena kekalahan, maka sebaikanya untuk kembali mengikuti pilkades enam tahun berikutnya.

Dengan demikian tidak lagi ada pengkotak-kotakan di tengah masyarakat. Dan kepada masyarakat diimbau untuk mendukung kades terpilih.

"Dan kami pastikan Pilkades serentak tahap ketiga tahun ini berjalan lancar dan itu menandakan kesadaran berdemokrasi dari warga masyarakat Kabupaten Nganjuk berjalan dengan baik dan sukses," tandas Mas Novi.

Aanggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Nganjuk, Suprapto menjelaskan, pihaknya bersama anggota Komisi 1 DPRD Nganjuk juga sempat meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Nganjuk. Pada umumnya, pelaksanaan Pilkades serentak berjalan sukses tidak ada permasalahan.

Demikian halnya dengan tingkat kehadiran dan partisipasi warga dalam Pilkades serentak, menurut Suprapto, diperkirakan mencapai di atas sekitar 70 persen. Kondisi tersebut cukup positif mengingat dalam pelaksanaan Pilkades serentak di 19 Desa tersebut digelar pada hari efektif atau tidak pada hari libur.

"Ini prestasi tersendiri dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Nganjuk yang digelar pada hari kerja. Kesadaran masyarakat untuk memberikan hak pilihnya dalam Pilkades serentak cukup baik yang berarti pula tingkat kesadaran rakyat berdemokrasi sudah cukup tinggi," kata Suprapto.

Oleh karena itu, ungkap Suprapto, kondisi aman dan tertib masyarakat harus terus dipertahankan dan dijaga terus. Demikian pula dengan rasa kebersamaan antar warga yang mungkin sempat terjadi persaingan dan terpecah menjelang Pilkades bisa disatukan kembali demi ketenteraman bersama.

"Untuk itu, kami berharap peran semua pihak untuk menjaga ketertiban warga setelah pelaksanaan Pilkades untuk terus diciptakan bersama-sama," tutur Suprapto. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved