Berita Surabaya

Recycle Fashion Competition 2019, Soeharsini Padukan Karung Goni dengan Berbagai Macam Tanaman

Recycle Fashion Competition 2019, Soeharsini padukan karung goni dengan berbagai macam tanaman

Recycle Fashion Competition 2019, Soeharsini Padukan Karung Goni dengan Berbagai Macam Tanaman
Mayang Essa/TribunJatim.com
Karya Soeharsini, daur ulang sampah dan tanaman di Ajang Recycle Fashion Competition, Grand City Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bagi sebagian orang, sampah dari bahan organik dan anorganik tak memiliki nilai ekonomis tinggi. Tapi di tangan Soeharsini, sampah-sampah plastik, kain dan tanaman dapat dikreasikannya menjadi busana fashion yang menarik. 

Salah satunya baju pesta dengan dominasi warna coklat berbahan utama karung goni yang menggunakan bermacam tanaman, di antaranya eceng gondok, lamtoro, bawang putih, jagung, gambas, sogo telik, bunga edelweis dan cemara, dan biji-bijian. 

Memilih model mini dress lengkap dengan ekor menjuntai, Soeharsini menambahkan detail pernak-pernik dengan warna senada. 

“Saya menggunakan kulit lamtoro yang sudah dikeringkan sebagai aksen utama pada gaun diseluruh bagian baik pada dress dan ekornya,” tuturnya, Senin (25/11/2019). 

Sementara untuk detail pada bagian leher, Soeharsini menggunakan kulit bawang putih dan jenis biji-bijian. 

“Pada bagian leher saya lengkapi dengan aksen seperti sisik dari kulit bawang putih dan terdapat jenis biji-bijian seperti biji sogo telik, jagung, pala, jali, sengo, biji buah kelengkeng,” paparnya. 

Ia menambahkan detail berbentuk bunga mawar terbuat dari kulit jagung, sedangkan aksen tampar yang berasal dari tanaman eceng gondok. 

“Selanjutnya pada bagian seluruh gaun terdapat pola tali berwarna kuning dan merah, ini merupakan pernak-pernik yang saya buat dari kantong kresek,” urainya. 

Terakhir pada bagian ekor gaun, dirinya menggunakan kulit lamtoro yang sudah dikeringkan untuk ditata secara vertikal pada keseluruhan ekor yang memiliki panjang tiga meter tersebut. 

Gaun pesta dengan bahan daur ulang ini dipamerkan Soeharsini dalam Recycle Fashion Competition yang di Gelar di Grand City Mall Surabaya. 

Memilih daur ulang tanaman pada setiap komponen busana fashion nya, Soeharsini mengaku ingin menciptakan kesan berbeda dari peserta lain yang menggunakan sampah plastik. 

Dikerjakannya dalam kurun waktu tiga minggu, dirinya mengatakan terinspirasi dari tanaman yang dipetiknya sendiri. 

“Semua tanamannya saya petik sendiri, agar tidak terbuang sia-sia saya jadikan sebagai pernak-pernik busana,” tutupnya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mayang Essa

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved