Berita Surabaya

OPOP Expo bakal Pamerkan 150 Produk Unggulan Pondok Pesantren di Jatim

Pemprov Jatim bakal memamerkan 150 produk pesantren di Jatim dalam One Pesantren One Product (OPOP) Expo di Jatim Expo pada 28-30 November 2019.

OPOP Expo bakal Pamerkan 150 Produk Unggulan Pondok Pesantren di Jatim
surya.co.id/fatimatuz zahro
Sekdaprov Heru Tjahjono memimpin rapat pemantapan gelaran OPOP Expo 2019, Senin (25/11/2019).  

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Pemprov Jatim bakal memamerkan 150 produk pesantren di Jatim dalam One Pesantren One Product (OPOP) Expo di Jatim Expo pada 28-30 November 2019.

Ajang pamer produk pondok pesantren ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Jatim mengembangankan potensi ekonomi santri pondok pesantren, koperasi pesantren dan juga alumni pesantren.

Sekretaris OPOP Jatim M Ghofirin mengatakan tema yang diusung dalam OPOP Expo kali ini adalah Pesantren Berdaya Masyarakat Sejahtera.

Dalam ajang ini produk produk unggulan dari pesantren akan dikenalkan pada masyarakat luas.

"Jadi OPOP merupakan program yang ditujukan untuk menggerakkan ekonomi berbasis pesantren. Ada tiga pilar yang ada di OPOP. Pertama adalah santripreneur, pesantrenpreneur dengan tokoh utamanya adalah koperasi pesantren, dan pilar ketuga adalah sociopreneur yang aktornya adalah alumni pesantren," kata Ghofirin.

Lebih lanjut ditegaskannya, OPOP diinisiasi dari survei bahwa tidak semua santri lulusan pesantren menjadi mubaligh.

Sehingga mereka butuh diberi bekal yang cukup untuk bisa berdaya sebagai entrepreneur.

Terlebih saat ini ada sekitar 6.000 pesantren di Jawa Timur. Sedangkan koperasi pesantren Jawa Timur ada sebanyak 1.571.

Melalui program OPOP yang menjadi program Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, ditarget akan lahir 1.000 produk unggulan dari pesantren yang ada di Jawa Timur.

"Di OPOP Expo nanti akan ada 150 produk pesantren yang dipamerkan. Kira-kira ada 40an pesantren yang akan berpartisipasi memamerkan produknya," lanjut Ghofirin.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved