Single Focus

Harus Mulai Kembangkan Pembelajaran Pakai Gadget

Seiring perkembangan pembelajaran, pemakaiam hape sebagai media belajar mulai diizinkan oleh sejumlah sekolah.

Harus Mulai Kembangkan Pembelajaran Pakai Gadget
surya.co.id/ahmad zaimul haq
MENGERJAKAN KUIS - Siswa SMPN 1 Surabaya kelas VII mengerjakan kuis mata pelajaran Agama Islam dengan HP lewat aplikasi Quizizz, Jumat (22/11). 

PEMAKAIAN gadget, khususnya ponsel, dulu menjadi hal yang dilarang digunakan siswa SMP di sekolah.

Tetapi seiring perkembangan pembelajaran, pemakaiam hape sebagai media belajar mulai diizinkan oleh sejumlah sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Supomo mengatakan, jelang era serba digital, pemakaian gadget tidak bisa dihindari. Apalagi dalam pembelajaran yang kesannya menjadi momok siswa.

"Saat ini zamannya gadget, kalau tidak menggunakan maka akan ketinggalan. Tinggal pengendaliannya saja," urai Supomo.

Ia mengungkapkan, sekolah harus mulai mengembangkan pembelajaran berbasis gadget. Sehingga, siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan karena merasa seperti bermain hape.

"Sekolah yang menerapkan pemakaian hape dalam pembelajaran tentu harus melakukan pengawasan dan pengendalian agar pemakaiannya sesuai," urai Supomo.

Namun, jika ditemukan siswa yang menyalahi aturan pemakaian hape, mantan kepala Dinas Sosial Surabaya ini menegaskan, sekolah bisa menerapkan sanksi yang kreatif.

"Tanpa melepas fungsi gadget, sanksi bisa dikreasikan dengan memakai gadget. Misal diminta mengerjakan tugas atau membuat permintaan maaf melalui ponsel," urainya.

Pembelajaran memakai gadget di sekolah, menurut Supomo, perlu dilakukan sesuai aturan yang berlaku di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apalagi, guru SMPN 17 Surabaya, Atiko, lanjut Supomo, telah terpilih menjadi Duta Terbaik Rumah Belajar Jawa Timur 2019, oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved