single Focus

Guru-Siswa Terbantu Smartphone: Siapkan Fitur dan Aplikasi untuk Maksimalkan Proses Belajar

Vita School Surabaya dan SMP Negeri 1 Surabaya, yang telah menggunakan gawai untuk pengajaran.

Guru-Siswa Terbantu Smartphone: Siapkan Fitur dan Aplikasi untuk Maksimalkan Proses Belajar
surya.co.id/ahmad zaimul haq
MENGERJAKAN KUIS - Guru memberi instruksi dan melakukan pengecekan saat siswa SMPN 1 Surabaya kelas VII mengerjakan kuis mata pelajaran Agama Islam dengan HP lewat aplikasi Quizizz, Jumat (22/11). SMPN 1 Surabaya membolehkan siswa membawa HP hanya untuk keperluan pembelajaran (pengerjaan soal ulangan). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Teknologi berkembang secara pesat. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi pun semakin canggih. Apalagi pada era industri 4.0 sekarang ini.

Karena itu, sekolah ikut andil menyiapkan para siswa untuk bersaing dalam era digital ini.

Namun, untuk saat ini, belum semua sekolah memanfaatkan smartphone untuk proses pembelajaran.

Tetapi, tidak demikian dengan Vita School Surabaya dan SMP Negeri 1 Surabaya, yang telah menggunakan gawai untuk pengajaran.

"Sekolah berperan menyiapkan generasi muda supaya melek teknologi. Bukan mengajak mereka bergantung pada teknologi, melainkan mengajak mereka untuk menguasai dan memanfaatkan teknologi secara baik," ujar Agni Rahadyanti, Kepala SMP Vita School.

Karena itu pula, pihaknya memberikan ruang kepada para siswa untuk belajar menggunakan media teknologi, di antaranya gawai.

"Kami memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran. Beberapa pembelajaran memanfaatkan gawai atau laptop. Namun, ketika tidak diperlukan, gawai atau laptop disimpan dalam laci," ungkap Agni.

Dalam pembelajaran, misalnya, pihaknya memanfaatkan Ruang Kelas Google atau Google Classroom, sebuah fitur yang membantu siswa dan pengajar dalam memberikan, mendapat, mengirim, serta mendistribusikan tugas.

"Kami mulai memanfaatkan Google Classroom sejak dua atau tiga tahun ini. Fitur ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran," terangnya.

Satria Andy Kirana, guru Bahasa Inggris SMP Vita menyampaikan, sangat terbantu dengan fitur yang dimanfaatkan sekolahnya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved