Proyek Bandara Kediri Masih di Tahap Finalisasi Pembebasan Lahan

"Proyek Bandara Kediri menjadi prioritas karena menjadi bagian dari pengembangan dan hajat hidup bagi sekitar 10 juta masyarakat

Istimewa
Desain Bandara Kediri yang akan grounbreaking pada awal 2020. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Progress pembangunan Bandara Kediri saat ini masih dalam tahap finalisasi pembebasan lahan. Pembangunan Bandara Kediri telah masuk proyek strategis nasional sehingga menjadi prioritas.

"Proyek Bandara Kediri menjadi prioritas karena menjadi bagian dari pengembangan dan hajat hidup bagi sekitar 10 juta masyarakat yang tinggal di wilayah Mataraman," jelas Emil Dardak, Wakil Gubernur Jatim sewaktu hadir di Balai Kota Kediri, Minggu (24/11/2019).

Emil Dardak yakin pembangunan Bandara Kediri bakal menjadi prioritas untuk diselesaikan. "Ada atensi khusus dari pemerintah pusat supaya bisa terbangun," tambahnya.

Dijelaskan, saat ini proges pembebasan lahan yang masih tersisa menunjukkan perkembangan yang semakin baik.

"Progesnya membahagiakan. Dalam waktu yang sangat dekat, sekitar satu atau dua bulan semakin clear, kapan pembangunan bisa dimulai," jelasnya.

Emil Dardak juga menjelaskan, perkembangan Selingkar Wilis diharapkan dapat terintegrasi dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMN).

Dalam konsep percepatan pembangunan Jawa Timur ada tiga prioritas. Dua di antaranya Selingkar Wilis dan kawasan selatan.

Disebutkan salah prioritasnya ada akselerasi untuk menyelesaikan jalan lingkarnya. Karena jika memakai dana alokasi khusus (DAK) dibatasi.

Sehingga prosesnya tetap dilakukan secara bertahap sampai seluruh jalannya selesai. "Kalau jalan lingkar Wilis sudah selesai, konektifitas kawasan dapat saling terhubung," tambahnya.

Dahulu diprediksi pembangunan Lingkar Wilis dapat diselesaikan pada 2022. Namun saat ini masih dikaji lagi kemampuan fiskalnya. Sehingga akan dibahas yang prioritasnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved