Berita Surabaya

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Lions Club Edukasi Gejala Diabetes

Perlu terus diingatkan pentingnya menjaga gaya hidup karena kalau tidak akan rawan diabetes

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Lions Club Edukasi Gejala Diabetes
surya.co.id/sulvi sofiana
Para relawan perawat di sela peringatan Hari diabetes Sedunia yang diadakan Lions Club International District 308 B2 Indonesia di Nation Star Academy, Minggu (24/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lions Club International District 308 B2 Indonesia mengadakan rangkaian peringatan Hari Diabetes Sedunia dengan edukasi gejala diabetes di Nation Star Academy, Minggu (24/11/2019).

Setidaknya 1.000 peserta dari berbagai komunitas dan umum mengikuti acara mulai dari senam diabetes, pemeriksaan gula darah, konsultasi dokter dan penyuluhan diabetes.

Yusuf Gunawan, Ketua Panitia Peringatan Hari Diabetes Sedumia mengungkapkan uoaya peringatan hari diabetes seduania sebagai wujud kepedulian agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah diabetes.

"Saat ini diabetes bukan hanya turunan dan orang tua, tetapi menyerang manusia di berbagai usia . Makanya kami edukasi, kalau bisa mencegah dari pada mengobati,"ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan mampu memberikan contoh pola hidup sehat dengan makan sehat dan rajin berolah raga.

"Karena banyaknya peserta maka kami mendapat bantuan dari berbagai pihak. Seperti relawan perawat yang membantu pemeriksaan kesehatan," lanjutnya.

dr Wahyu Nugroho SpPD, spesialis penyakit dalam mengungkapkan pentingnya edukasi diabetes ini terlihat dari 50 persen peserta pemeriksaan darah positif diabetes.

"Jadi memang perlu terus diingatkan akan pentingnya menjaga gaya hidup karena kalau tidak akan rawan diabetes,"lanjutnya.

Dokter yang berpraktek di RS Premier ini mengungkapkan tren penderita diabetes semakin lama makin tinggi karena pola makan masyarakat saat ini berubah. Banyak makan manis dan fast food serta olahraganya berkurang.

"Antisipasi paling dasar mengatur pola makan, hindari manis dan banyak olahraga,"pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved