Berita Lamongan

Kades di Lamongan Laporkan Pengurus BumDes ke Polisi terkait Dugaan Penyelewengan Dana 

Kades Taman Prijek, Siswanto didampingi warganya di ruang lobi Sat Reskrim Polres Lamongan yang melaporkan pengurus BumDes, Minggu (24/11/2019).

Kades di Lamongan Laporkan Pengurus BumDes ke Polisi terkait Dugaan Penyelewengan Dana 
surya.co.id/hanif manshuri
Kades Taman Prijek, Siswanto didampingi warganya di ruang loby Sat Reskrim Polres Lamongan, Minggu (24/11/2019). 

SURYA.co.id l LAMONGAN - Sebanyak 10 orang warga Desa Taman Prijek Kecamatan Laren Lamongan Jawa Timur dengan dipimpin Kepala Desa Siswanto bersama melaporkan dugaan penyelewangan dana Badan Usaha Milik Desa (BumDes) ke polisi, Minggu (24/11/2019) siang.

"Saya juga sebagai pelapor bersama warga ," kata Kepala Desa Tamanprijek, Siswanto kepada Surya.co.id, Minggu (24/11/2019).

Dana yang dikelola BumDes sejak 2018 hingga 2019 sebesar Rp 50 juta tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh pengurus BumDes

Bahkan tidak ketika dimintai laporan pertanggungjawaban, selalu ada saja alasannya. Karena tidak ada iktikad baik Siswanto, sebagai kades terpaksa melaporkannya ke Polres Lamongan.

Dana Rp 50 juta itu adalah sebagian dari Dana Desa (DD) yang oleh desa dialokasikan untuk BumDes, dan pengelolaannya diserahkan pengurus BumDes.

Mestinya, BumDes menbuat pertanggungjawaban ke desa, namun sampai perkaranya dibawa ke Polres, kata Siswanto, pengurus BumDes tidak juga membuat LPJ.

Siswanto bertandang ke Polres Lamongan tidak datang sendirian, namun didampingi 9 warganya, termasuk koordinator pelapor, Ririn Nurhadi.

Sejumlah warga lain yang turut mendampingi Siswanto diantaranya, Rasmat, Imron, Saifud, Matolan, Nusolin, Aji Soko, Sujiito, Ririn Nurhadi dan Rasmad.

Massa yang mendampingi sang kepala desa meminta polisi menyidik dan melanjutkan dugaan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang para pengurus BumDes.

Menurut Siswanto, pengurus BumDes mengungkapkan, uang Rp 50 juta itu dikelola untuk simpan pinjam Rp 30 juta dan untuk loket pembayaran listrik Rp 20 juta.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved