Berita Banyuwangi

Banyuwangi Raih Empat Penghargaan Pelayanan Publik dari Kemenpan RB

Abdullah Azwar Anas menerima penghargaan dari Kemenpan RB, sebagai Bupati Pembina Pelayanan Publik dengan kategori sangat baik.

Banyuwangi Raih Empat Penghargaan Pelayanan Publik dari Kemenpan RB
SURYA.co.id/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menerima penghargaan dari Kemenpan RB, sebagai Bupati Pembina Pelayanan Publik dengan kategori sangat baik. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, sebagai Bupati Pembina Pelayanan Publik dengan kategori sangat baik.

Bersamaan dengan itu, tiga unit penyelenggara layanan publik di Banyuwangi juga mendapatkan penghargaan pelayanan publik.

Kemenpan RB memberikan penghargaan tersebut lantaran Bupati Anas dinilai berhasil melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan publik di daerahnya. Penghargaan tersebut diserahkan Menpan RB Tjahyo Kumolo di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa penghargaan ini wujud komitmen Banyuwangi dalam meningkatkan pelayanan publiknya.

Predikat ini diberikan mengacu pada hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik 2019 yang dilakukan oleh KemenPAN-RB.

"Kami bersyukur upaya meningkatkan pelayanan publik di Banyuwangi diapresiasi oleh Kemenpan RB. Penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan RB ini adalah salah satu tolok ukur pelayanan publik di Indonesia," kata Anas, Sabtu (23/11/2019).

Sebelumnya Kementerian PAN-RB telah melakukan evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik tertentu kepada pemerintah daerah terpilih di lingkup Wilayah II yang mencakup 73 kabupaten/kota dan 11 provinsi, termasuk Banyuwangi.

Wilayah II melingkupi Provinsi DKI Jakarta, Lampung, Jawa timur, Kalimantan Utara, Kalimantan barat, Kalimantan Timur, Kalimantan selatan, Kalimantan tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali.

Berdasarkan PermenPANRB nomor 17 tahun 2017 instrumen evaluasi pelayanan publik tersebut meliputi kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Banyuwangi menunjuk tiga perangkat daerah sebagai objek penilaian pelayanan publik yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyuwangi, RSUD Blambangan Banyuwangi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved