Berita Pasuruan

5 Klub Berkuda Asal Jatim dan Bali Bersaing di Kompetisi Fun Equestrian Games 2019 di Pasuruan

Sebanyak lima klub berkuda dari Jawa Timur dan Bali bersaing dalam kompetisi Fun Equestrian Games 2019 di Pasuruan

5 Klub Berkuda Asal Jatim dan Bali Bersaing di Kompetisi Fun Equestrian Games 2019 di Pasuruan
surya/galih lintartika
Peserta Fun Equestrian Games 2019 di area Asutraliana, Taman Safari Prigen (TSP), Kabupaten Pasuruan, saat mencoba melewati rintangan yang sudah disediakan penyelenggara. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Sebanyak lima klub berkuda dari Jawa Timur dan Bali bersaing dalam kompetisi Fun Equestrian Games 2019. Ajang ketangkasan menunggang kuda ini digelar mulai 22-24 November di area Asutraliana, Taman Safari Prigen (TSP), Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Deputy Director Taman Safari Prigen, John Sumampau, mengatakan kompetisi Fun Equestrian Games 2019 ini diharapkan dapat mempopulerkan olahraga equestrian khususnya di wilayah Jawa Timur. Selain itu, ia juga menawarkan sensasi wisata berkuda di kaki Gunung Arjuna. Ini jelas berbeda dengan berkuda di tempat biasanya. Selain pemandangan yang apik, udaranya juga sejuk.

“Fun Equestrian Games ini dapat menjadi inovasi wisata baru berkuda di Taman Safari Prigen. Diharapkan ke depan, dapat ikut andil mempromosikan Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu destinasi tempat wisata sport,” katanya.

Founder Emporium Horse Club, Bagus Indra Prasetya menjelaskan, ada beberapa kategori dalam turnamen berkuda, yaitu Dressage dan Show Jumping.

Semua kategori cabang tersebut dilombakan dalam lapangan seluas 48 meter x 36 meter.

“Di hari kedua pada hari ini, Fun Equestrian Games akan dilombakan dalam dua cabang yaitu dressage dan show jumping,” imbuh Bagus yang juga merangkap sebagai event coordinator.

Dalam cabang Dressage, keserasian baik dari rider maupun kudanya pada saat melakukan suatu gerakan akan dinilai juri.

Keterampilan dan pengalaman rider sangat menentukan untuk menciptakan atau membentuk kelincahan dan keluwesan dari tiap gerakan yang dihasilkan.

Sedangkan, cabang show jumping, kata dia, rider dapat menyelesaikan sebuah lintasan yang telah ditentukan sebelumnya tanpa menjatuhkan rintangan.

Masing-masing rintangan akan diberikan nomor, dan arah melompat ditandai dengan dua bendera yang dipasang di masing-masing sisi rintangan.

“Pada kompetisi Fun Equestrian Games yang kedua kalinya ini, kami berharap agar para atlet bisa berlatih dalam beberapa kompetisi berkuda seperti Fun Equestrian Games. Ke depan, kami akan buat even serupa tapi kelasnya nasional,” tandasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved