Berita Trenggalek

Pacari Pejabat, Inovasi Puskesmas di Kabupeten Trenggalek untuk Sehatkan ODGJ

Puskesmas Dongko membawa alat pasung asli yang sebelumnya dipakai untuk memasung salah satu pasien selama sekitar tujuh tahun.

Pacari Pejabat, Inovasi Puskesmas di Kabupeten Trenggalek untuk Sehatkan ODGJ
surya.co.id/aflahul abidin
Salah satu pengunjung ditemani mantan korban pasung Suwarno menjajal alat pasung di stan Puskesmas Dongko dalam Trenggalek Innovation Festival. 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Puskesmas Dongko, Kabupaten Trenggalek punya inovasi unik untuk mengentaskan kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (OFGJ) di wilayahnya.

Inovasi itu disebut sebagai Pacari Pejabat, yang merupakan akronim dari Penurunan Angka Cidera dan Relaps Melalui Pelayanan Jiwa Terpadu dan Berkelanjutan.

Itu merupakan inovasi yang dipamerkan dalam Trenggalek Innovation Festival (TIF) yang digelar Kamis (21/11/2019) hingga Jumat (22/11/2019)

Di festival itu, Puskesmas Dongko membawa alat pasung asli yang sebelumnya dipakai untuk memasung salah satu pasien selama sekitar tujuh tahun.

Pasung itu terbuat dari batang kayu yang dibelah dua dan diberi lubang untuk tempat kaki.

Pasung dihadirkan lengkap dengan rantai dan gembok.

Selain itu, ditunjukkan juga keterampilan pasien ODGJ untuk membuat besek atau wadah pindang ikan dari bambu.

Liana, Pemegang Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Dongko, mengatakan, alat pasung asli sengaja dibawa agar pengunjung bisa merasakan penderitaan para ODGJ dipasung bertahun-tahun.

"Bagaimana rasanya selama 15 menit saja dipasung. kami ingin mereka bisa membayangkan bagaimana yang dirasakan jika dipasung sampai bertahun-tahun," kata Liana.

Suwarno, mantan korban pasung, yang ada di lokasi, mengatakan, ia dulu menghabiskan waktu untuk mendengarkan radio, makan, minum, dan tidur selama dipasung.

Halaman
123
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved