Berita Surabaya

Ini Jawaban Pertamina Soal Penyeberangan Kapal Gresik-Bawean yang Terlambat Karena Tunggu Solar

Keterlambatan kapal penyeberangan di Pelabuhan Gresik menuju Bawean yang disebutkan karena menunggu solar diakui terjadi oleh PT Pertamina (Persero).

Ini Jawaban Pertamina Soal Penyeberangan Kapal Gresik-Bawean yang Terlambat Karena Tunggu Solar
sugiharto/surya
Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region V–Jatimbalinus, Rustam Aji. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Keterlambatan keberangkatan kapal penyeberangan di Pelabuhan Gresik menuju Bawean yang disebutkan karena menunggu solar diakui terjadi oleh PT Pertamina (Persero).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region V–Jatimbalinus, Rustam Aji, mengatakan pihaknya menduga ada indikasi peningkatan konsumsi solar sehingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Bunker mengalami kekosongan.

Pasokan Solar Terlambat, Penumpang Kapal Blue Sea Jet Terlantar di Pelabuhan Gresik

"Di pelabuhan penyebrangan Gresik ke Bawean, terdapat dua SPBB yang melayani kebutuhan solar kapal-kapal di sana. Alokasi di masing-masing SPBB tersebut sebanyak 200 kilo liter per bulan dan alokasi untuk bulan November ini sudah dikirimkan semua ke SPBB tersebut," jelas Rustam, Jumat (22/11/2019).

Hari ini, SPBB telah mengajukan untuk menggunakan alokasi bulan Desember untuk dikirim pada bulan ini.

Untuk pengaturan pengiriman, saat ini memang masih diprioritaskan pengiriman ke SPBU, sehingga ke SPBB masuk ke ritase berikutnya.

"Kalau penyaluran di SPBB atau SPDN, memang ada alokasi per bulan. Karena memang lebih mudah didata dan konsumennya sudah tertentu, seperti jumlah dan identitasnya. Apakah itu kapal penyeberangan atau kapal nelayan," ungkap Rustam.

Saat ditanya apakah ada catatan jumlah peningkatan kapal yang membeli solar, Rustam menyebut data tersebut ada di KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan) Gresik.

"Bisa ditanyakan disana," tandas Rustam.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved