Berita Surabaya

BPJS Kesehatan Sebut akan Lunasi Semua Tunggakan RS di Surabaya, 'Bulan Depan Semua Lunas''

BPJS Kesehatan Cabang Surabaya berkomitmen untuk melunasi semua tunggakan klaim di rumah sakit (RS) di Surabaya

BPJS Kesehatan Sebut akan Lunasi Semua Tunggakan RS di Surabaya, 'Bulan Depan Semua Lunas''
SURYAOnline/Fikri Firmansyah
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja (berdiri) saat memantau pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Jalan Dharmahusada No 2 Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - BPJS Kesehatan Cabang Surabaya berkomitmen untuk melunasi semua tunggakan klaim di rumah sakit (RS) di Surabaya. Semua tunggakan itu akan dilunasi tahun ini juga, termasuk di dua RS milik Pemkot Surabaya. 

"Kami bertekad akan melunasinya pada Desember besok. Bertahap akan kami lunasi karena itu kewajiban BPJS untuk membayar semua biaya pasien kepada RS atau biaya apa pun yang di-cover BPJS," kata BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja, Jumat (22/11/2019).

Tunggakan BPJS Kesehatan di 2 RS Pemkot Surabaya Capai Rp 78 M, 5 Bulan Honor Dokter Tak Dibayar

Kenapa tunggakan BPJS kepada setiap RS meningkat tahun ini karena Mismatch antara penerimaan dengan pengeluaran biaya.

BPJS hanya mendapat iuran, namun besaran iuran ini tak sebanding dengan klaim seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. 

"Terus terang, banyaknya peserta BPJS yang belum taat membayar iuran menyebabkan utang kami ke RS tinggi. Peserta menunggak bayar berdampak pada kelancaran pembayaran klaim RS ke kami," kata Herman. 

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah, bisa memahami situasi sulit yang dihadapi BPJS Kesehatan.

Namun, lanjut Khusnul, apa pun kondisinya, layanan kepada masyarakat pasien tidak boleh terganggu.

"Desember akan dilunasi tunggakan BPJS kepada setiap RS. Yang perlu ditekankan adalah apa pun situasinya, masyarakat tetap harus menerima hak mendasar mereka mendapat layanan kesehatan," tandas Khusnul.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved