Berita Bangkalan

10 Tahun Sejak Jembatan Suramadu Berdiri, Minat Investasi Skala Besar di Bangkalan Masih Minim

Sepuluh tahun sejak berdirinya Jembatan Suramadu, belum satupun investasi skala besar menyentuh Kabupaten Bangkalan. Ini langkah Kadin Bangkalan.

10 Tahun Sejak Jembatan Suramadu Berdiri, Minat Investasi Skala Besar di Bangkalan Masih Minim
surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Kawasan Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKJSM) seluas 600 hektare diproyeksikan sebagai kawasan industri, pergudangan, pariwisata, Central Business District, dan pemukiman. Termasuk rest area yang sudah terbangun di atas lahan seluas 10 hektare. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Sepuluh tahun sejak berdirinya Jembatan Suramadu, belum satupun investasi skala besar menyentuh Kabupaten Bangkalan. Hal itu memantik inisiatif Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bangkalan, Saleh Farhat.

Dalam waktu dekat, Saleh akan mengundang para investor Jatim dan nasional ke Kabupaten Bangkalan.

"Geliat investasi, terutama skala besar, hingga saat ini belum nampak di Bangkalan," ungkap Saleh, Jumat (22/11/2019).

Ia menjelaskan, investasi dari pihak swasta sangat diperlukan bagi Bangkalan sebagai upaya penguatan ekonomi dan memperluas lapangan kerja.

"Gathering bersama para investor nantinya bisa dikonsep semacam temu bisnis. Bangkalan siap dan nyaman untuk berinvestasi," jelasnya.

Data yang dihimpun Surya dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Bangkalan, saat ini hanya empat Penanaman Modal Asing (PMA) skala menengah.

Pertama, perusahaan dari Korea dengan investasi senilai Rp 12 miliar. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi Garam Bambu di Desa Pendabah, Kecamatan Kamal.

Kedua, distributor es krim PT Queen Ice Asia China dengan nilai investasi 1,143 juta Dolar atau setara Rp 15 miliar.

Selanjutnya, perusahaan dari Belanda yang bergerak di bidang pelatihan pekerja kapal pesiar di Bancaran.

Terakhir, perdagangan bahan bakar padat, cair, gas, dan peralatan rumah tangga di Kecamatan Arosbaya dengan total investasi senilai Rp 2,6 miliar.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved