Layanan SIM dan SKCK Online Polresta Sidoarjo Diganjar Predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB

"Ini semua merupakan kerja keras kami selama satu tahun. Pada tahun sebelumnya, kami mendapatkan predikat sangat baik," kata Kapolres

ist
Kapolresta Sidoarjo saat menerima penghargaan dari Kemenpan RB 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), menyampaikan hasil evaluasi unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) di lingkup kementerian dan lembaga tahun 2019.

Termasuk di dalamnya adalah di lingkup Polres polresta, polrestabes, dan polres metro tahun 2019, yang totalnya di Indonesia ada 207 polres.

Evaluasi pelayanan publik dilakukan pada pelaksanaan April-Oktober 2019. Tujuan dari evaluasi unit penyelenggara pelayanan publik ini sebagai percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik dan instansi pemerintah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, melalui rilis pers Polresta Sidoarjo, menyampaikan hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik di lingkup Polres, Polresta, Polrestabes dan Polda Metro di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Hasilnya, sebanyak 6 Polres mendapatkan predikat Pelayanan Prima (A) yakni Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Tuban serta Polres Malang. Dan sebanyak 33 Polres mendapatkan predikat Sangat Baik (A-).

"Peningkatan pelayanan prima untuk masyarakat jangan berhenti sampai di sini, terus kembangkan dan perbaiki pelayanan prima untuk melayani masyarakat sebaik mungkin," pesan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Penghargaan itu diserahkan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. Terkait pelayanan SIM dan SKCK Online Polresta Sidoarjo, dimana Polresta Sidoarjo salah satu dari enam Polres yang mendapat predikat pelayanan Prima.

"Ini semua merupakan kerja keras kami selama satu tahun. Pada tahun sebelumnya, kami mendapatkan predikat sangat baik. Dari situ kami berupaya memperbaiki segala kekurangan di bidang pelayanan publik kami," kata Kapolres Zain.

Dia merasa bersyukur, tahun ini berhasil mendapatkan predikat pelayanan prima. "Semoga memacu kinerja kami juga untuk semakin prima," sambung alumni Akpol 1997 ini.

Diuraikan bahwa Polresta Sidoarjo berusaha memperbaiki kualitas pelayanan publik SIM dan SKCK dengan membuat e-SIM Polresta Sidoarjo untuk daftar online pengurusan SIM, serta ada Driving Smart Test sebagai transparansi dalam ujian praktek pengurusan SIM.

Sedangkan untuk SKCK Online, sudah terintegrasi dengan Pengadilan Negeri. Pembayaran SKCK Online juga sudah tidak menerima pembayaran tunai.

"Dalam pelayanan publik kami juga terdapat IKM dan SKM Online untuk mendukung pelayanan yang kita lakukan. Selain itu pada SIM dan SKCK Online, Polresta Sidoarjo juga telah tergabung dalam Mall Pelayanan Publik layanan satu atap bersama berbagai instansi dan lembaga se-Kabupaten Sidoarjo," tukas dia.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved