Advertorial

Kabupaten Blitar Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara 2019

Pemkab Blitar meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara, yang diberikan langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian

Pemkab Blitar
Bupati Blitar, Rijanto, foto bersama tim dari Kabupaten Blitar setelah menerima penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara di Jakarta. 

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkab Blitar meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian kepada Bupati Blitar, Rijanto, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. Kegiatan itu diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Ada tiga kategori tingkatan dari penghargaan kota dan kabupaten sehat. Paling rendah, yaitu Padapa, lalu Wiwerda dan yang tertinggi, yakni Wistara. Seusai menerima penghargaan, Bupati Blitar, Rijanto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, yakni masyarakat, pokja kesehatan, camat dan kepala OPD yang telah bekerja keras untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara.

Harapannya, ke depan, Kabupaten Blitar bisa mendapatkan penghargaan serupa, yaitu, Swasti Saba Wistara ke-2 dengan menambah tatanan, sehingga benar-benar terwujud masyarakat sehat yang mandiri.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardhani.

Menurutnya, Pemkab Blitar telah beruturut-turut mendapat penghargaan di bidang kesehatan.

Pada 2015 mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa, lalu 2017 penghargaan Swasti Saba Wiwerda, dan Swasti Saba Wistara pada 2019.

Panghargaan Swasti Saba Wistara ini penghargaan tertinggi.

Sementara itu, Eko Wahyudi, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, menyampaikan, Kabupaten Blitar mengikuti enam tatanan dalam penghargaan Swasti Saba Wistara, yakni pemukiman dan sarana umum, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, pariwisata sehat, kesehatan pangan dan gizi, kehidupan sosial yang sehat, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi.

Proses menuju Swasti Saba Wistara ini melibatkan 215 desa/ kelurahan yang tersebar di 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar.

Tahapan penilaian penghargaan ini mulai dari mengirim berkas self assessment, kemudian kunjungan tim penilai.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, penghargaan ini diraih berkat kerjasama, kekompakan masyarakat dan komitmen pemerintah.

Harapannya, masyarakat terpacu untuk hidup sehat, ODF bisa 100 persen, sehingga pada penghargaan Swasti Saba Wistara yang kedua bisa menambah tatanan

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved