Berita Banyuwangi

Ini Pesan Bupati Anas saat Melantik 128 Kades Terpilih di Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik 128 kepala desa terpilih secara serentak di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Ini Pesan Bupati Anas saat Melantik 128 Kades Terpilih di Banyuwangi
surya.co.id/haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik 128 kepala desa terpilih secara serentak di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (20/11/2019). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik 128 kepala desa terpilih secara serentak di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (20/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Anas berpesan kepada seluruh kades tentang pentingnya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dari tingkat desa.

Diakatakan Anas, penguatan SDM telah menjadi program kerja daerah yang selaras dengan program nasional dari Presiden Joko Widodo. Anas meminta kades turut mendukung program tersebut.

“Sekarang visi membangun bukan hanya infrastruktur fisik, tapi mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan generasi yang berkualitas. Dan kunci SDM unggul bukan hanya masalah pendidikan saja, tapi juga kesehatan yang dimulai dengan asupan gizi sejak dalam kandungan,” kata Anas.

Anas lalu mencontohkan program One Student One Client yang kini tengah digeber Banywuangi.

Di mana satu mahasiswa kesehatan mendampingi satu orang ibu hamil untuk memantau kesehatan hingga masa nifas dan menyusui.

“Program ini basis datanya didapat dari puskesmas. Untuk itu, ibu hamil perlu diajak secara aktif untuk datang ke puskesmas. Dari puskesmas, mahasiswa yang ada bisa memantau rutin ibu-ibu hamil dan anggota keluarganya yang lain. Sehingga resiko kehamilan dan penyakit lainnya bisa diminimalisirkan,” kata Anas.

Menurut Anas, program-program inovasi ini merupakan ikhtiar untuk menjamin kecukupan gizi anak.

“Karena 1.000 hari pertama kehidupan sejak awal embrio sampai dua tahun adalah window of opportunity, fase terpenting kehidupan manusia. Begitu ada keliru, bisa memengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Saya minta desa juga memperhatikan hal ini,” kata Anas.

Memperkuat SDM daerah juga dilakukan dengan memastikan setiap anak mendapatkan hak yang sama dalam mengenyam pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved