UMK Jatim 2020

Buruh Unjuk Rasa di Kantor Gubernur, Sayangkan Persentase Kenaikan UMK Jatim 2020 yang Dipukul Rata

Massa buruh menggeruduk Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (20/11/2019), terkait UMK Jatim 2020.

Buruh Unjuk Rasa di Kantor Gubernur, Sayangkan Persentase Kenaikan UMK Jatim 2020 yang Dipukul Rata
Sofyan Arif Candra Sakti/TribunJatim.com
Buruh unjuk rasa di Kantor Gubernur Jawa Timur, tuntut Khofifah Indar Parawansa pangkas disparitas UMK Jatim 2020 antar-daerah 

SURYA.co.id | SURABAYA - Massa buruh menggeruduk Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (20/11/2019). Mereka menyayangkan keputusan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang memukul rata kenaikkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di semua daerah sebesar 8,51 persen.

Hal tersebut dinilai buruh hanya akan melebarkan disparitas upah antar ring, terutama ring 1 dengan ring terluar.

"Kami long march dari KBS (Kebun Binatang Surabaya) ke sini (Kantor Gubernur Jawa Timur)," ucap Wakil Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur, Nuruddin.

UMK Jatim 2020 Naik, Apindo Jatim Sebut akan Banyak Industri Pindah Pabrik

Dalam penyampaian aspirasinya, para buruh di ring 1 mengaku khawatir dengan adanya disparitas upah yang sangat lebar antara ring 1 dengan ring terluar.

Menurut para buruh hal tersebut akan membuat  pabrik berpikir untuk merelokasi pabriknya ke ring terluar di mana upah buruh sangat murah dibandingkan ring 1.

Sementara unjuk rasa berlangsung, tampak perwakilan buruh masuk ke Kantor Gubernur Jawa Timur untuk bertemu dengan stakeholder salah satunya Kadisnaker Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved