Berita Surabaya

Bank BRI Surabaya Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM, Ini Tujuannya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI menggelar program Pelatihan 10.000 UMKM.

Bank BRI Surabaya Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM, Ini Tujuannya
habibur rohman/surya
Wakil Pemimpin Wilayah Kanwil Bank BRI Surabaya Aim Aunul Hakim didampingi Pemimpin Cabang BRI Surabaya Kertajaya Syaiful Anwar Handoyono mengamati beberapa produk UKM dari peserta disela "Pelatihan 10.000 UMKM"di Hotel Grand Dafam Surabaya, Rabu (20/11/2019). Kegiatan ini juga diisi dengan Diskusi melalui 'Sharing Session Local Champion'yang diantaranya menampilkan Andri dari HIJUB. 

SURYA.co.id \ SURABAYA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI menggelar program pelatihan bagi 10.000 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara nasional. Di Surabaya, Kantor Cabang Bank BRI Surabaya Kertajaya mendapatkan penugasan sebagai penyelenggara pelatihan.

Hasilnya, lebih dari 100 pengusaha UMKM menghadiri pelatihan yang digelar di Grand Dafam Signature Hotel Surabaya, Rabu (20/11/2019). Mereka mendapatkan pelatihan tentang manajemen keuangan, pemasaran, hingga mengetahui info pasar, serta sharing antara pelaku UMKM yang sudah mampu memiliki pasar secara stabil (Local Champion).

Wakil Pemimpin Wilayah Kanwil Bank BRI Surabaya, Aim Aunul Hakim, mengatakan kegiatan ini merupakan program nasional, yang bertujuan menarik para UMKM untuk menjadi Bankable dalam upaya meningkatkan usahanya.

"Apalagi di kami ada produk yang bisa dimanfaatkan sebagai modal peningkatan usaha UMKM," kata Aim Aunul Hakim, di sela kegiatan pelatihan.

Produk tersebut antara lain, Kredit Mikro, KUR (Kredit Usaha Rakyat), dan Kredit untuk UMKM lainnya.

Aim Aunul Hakim menyebutkan, saat ini jumlah pengusaha yang menjadi Debitur atau peminjam modal di Kanwil Bank BRI Surabaya, tercatat sekitar 80 persen adalah UMKM.

"Dan itu merupakan komitmen kami. Mereka kami dampingi lewat program BRI Inkubasi. Dimana UMKM yang belum Bankable sudah kami dampingi untuk meningkatkan usahanya, untuk menjadi Bankable, menjadi debitur kami dan modalnya dikembangkan dan akhirnya mereka naik kelas," jelas Aim Aunul Hakim.

Naik kelas ini, dari Bankable, menjadi usaha mikro, kemudian mendapatkan tambahan modal dari bank, dan menunjukkan kinerja yang positif, kemudian akan naik kelas menjadi usaha kecil.

Sementara dengan dorongan pasar yang kuat dan berkembang, UMKM tersebut mampu menjadi usaha menengah.

"Begitu selanjutnya, kami mulai dari mikro yang kecil sekali," tambah Aim Aunul Hakim.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Cabang Kanca BRI Surabaya Kertajaya, Syaiful Anwar Handoyono, menambahkan, para UMKM yang hadir ini tidak hanya nasabah dari BRI saja.

"Tapi calon nasabah BRI yang pelaku UMKM juga kami hadirkan. Selain membidik mereka untuk menjadi nasabah BRI, kami juga membidik para pelaku UMKM, terutama dari sektor perdagangan untuk juga ikut menjadi agen BRIlink," imbuh Syaiful.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved