Kesehatan

Kayu Bajakah Bisa Menyembuhkan Kanker. Mitos Atau Fakta?

Kayu bajakah menjadi salah satu tanaman yang dipercaya mampu menyembuhkan kanker. Apa benar demikian?

Kayu Bajakah Bisa Menyembuhkan Kanker. Mitos Atau Fakta?
ist
Ilustrasi kayu bajakah yang diklaim dapat menyembuhkan kanker. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kanker masih menempati angka tertinggi penyebab kematian. Berbagai teknologi pengobatan untuk penyakit ini pun terus dikembangkan.

Selain pengobatan secara medis, masyarakat juga banyak yang menyakini pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakit ini.

Kayu bajakah menjadi salah satu tanaman yang dipercaya mampu menyembuhkan kanker. Apa benar demikian?

Dokter spesialis onkologi Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya, dr Nina Irawati SpB(K)Onk-KL, menyampaikan hal yang berbeda.

Menurutnya, belum ada riset akurat yang menyatakan secara pasti bahwa kayu yang berasal dari Kalimantan Tengah ini bisa menyembuhkan kanker.

"Sebaiknya jangan terlalu cepat percaya berita tentang tanaman tersebut tanpa membaca sumber dan hasil riset yang akurat," Nina mengatakan.

Menurutnya, masih terlalu dini menyimpulkan bahwa kayu bajakah merupakan terapi penyakit kanker.

"Kayu bajakah mengandung zat anti oksidan yang secara teori dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker terutama tannin dan saponin," ungkap Nina.

Namun, lanjutnya, terdapat 29 spesies dari kayu bajakah dengan kandungan anti oksidan yang masing-masing mungkin berbeda.

"Pengobatan kanker dengan kayu bajakah, yang ditemukan anak SMA ini, mungkin secara ilmiah memiliki efek. Namun, percobaan yang mereka lakukan belum menjadi landasan yang kuat," Nina menerangkan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved