Inovasi Keramik Dari Limbah Kerang Buatan Mahasiswa ITS Raih International Gold Award

Inovasi yang dinamakan Scammics buatan mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis ITS ini bahkan terlihat sama dengan keramik pada umumnya.

Inovasi Keramik Dari Limbah Kerang Buatan Mahasiswa ITS Raih International Gold Award
ist
Tim saat memperoleh meraih Gold Award dalam ajang Advanced Innovation Global Competition (AIGC) 2019 yang digelar di Nanyang Technological University (NTU), Singapura pekan lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bonggol jagung dan cangkang kerang hijau biasanya hanya menjadi tumpukan sampah, tetapi di tangan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) limbah tersebut berubah menjadi keramik ramah lingkungan.

Keramik buatan AA I Prajna Canricha Pradani (18), Fariz Aditya Chandra(18), Natashia Deborah (18), dan Alyaa Zalfaa Komara Putri (18) ini juga meraih meraih Gold Award dalam ajang Advanced Innovation Global Competition (AIGC) 2019 yang digelar di Nanyang Technological University (NTU), Singapura pekan lalu.

Inovasi yang dinamakan Scammics buatan mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis ITS ini bahkan terlihat sama dengan keramik pada umumnya. 

”Keramik ini memiliki potensi di pasaran. Banyak sekali keunggulannya, yakni bahannya yang ramah lingkungan, aman untuk digunakan, tanpa bahan kimia, harga lebih murah, namun kualitas terjamin,” papar Fariz.

Fariz mengungkapkan keramik yang bersifat ramah lingkungan ini juga mendukung konsep zero waste atau bebas sampah.

Hal tersebut terinspirasi dari kampung halaman AA I Prajna Canricha Pradani yang juga ketua tim, yaitu Bali.

Di kampung Canricha sering ditemukan banyak sampah bonggol jagung berserakan di pantai bekas pedagang dan turis.

"Sehari saja saya bisa memungut hingga sebanyak tiga plastik besar berisi bonggol jagung. Makanya saya pikir kami dapat mengolah bonggol jagung hingga dapat menghasilkan karbon aktif yang diperlukan dalam pembuatan keramik," ujar Fariz.

Canricha menambahkan, ide tersebut dikembangkan dan dibuat business plan bersama timnya.

Selain bonggol jagung, limbah cangkang kerang hijau juga menarik perhatian Canricha.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved