Berita Ekonomi Bisnis

Tiga Hari Pameran, IBT Expo 2019 Bukukan Transaksi lebih Rp 650 Miliar

IBT Expo 2019 yang berakhir kemarin mencatat banyak kemajuan di sektor perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Tiga Hari Pameran, IBT Expo 2019 Bukukan Transaksi lebih Rp 650 Miliar
foto:humas pemprov jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak foto bersama di sela penutupan IBT Expo 2019 di Garden Palace Hotel Surabaya. 

Surya.co.id|SURABAYA - IBT Expo 2019 yang berakhir kemarin mencatat banyak kemajuan di sektor perdagangan antara Provinsi Jawa Timur dengan berbagai Provinsi Indonesia Bagian Timur.

Selama tiga hari pemeran di Garden Palace Hotel, misi dagang dan bursa komoditas yang digelar bersamaan dalam IBT Expo kali ini, mencatat transaksi diatas Rp 650 milyar.

Di dominasi perdagangan hasil bumi Indonesia antara lain, Lada Putih, Kopi Arabica, Jagung, Kopi, Kopra, Gula Arent, Cengkeh, Beras, Panili, Cabe Rawit, Kunyit, Kemiri Glondongan, bawang Merah, Bawang Putih, Rumput Laut, Manggis, Kapulaga, Jambu Mente, Kacang-kacangan dan Kelapa Tua.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dalam rilis Senin (18/11/2019) mengatakan, gelaran ini merupakan simbiosis mutualisme.

“Saat ini Jawa Timur sebagai penyumbang seperlima perdagaangan nasional, maka Jawa Timur sebagai pusat perdagangan Indonesia Bagian Timur sangat perlu diperkuat lagi, dengan adanya sinergi ini salah satu upaya memperkuat perdagangan produk Jawa Timur,” katanya.

Menurutnya, sinergi ini semakin kuat akan membuat pembuatan tol laut semakin efisien dan efektif dimana muatan balik ke Jawa dari Indonesia Bagian Timur juga perlu didorong.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan Perdagangan Republik Indonesia Suhanto, mengatakan sinergi yang berhasil dibangun adalah dengan adanya bursa komoditas yang akan dibangun kedepan dengan mendapat dukungan yang kuat dari mitra.

Ditandai penandatanganan kerjasama antara IBT Center dari PT. Sucofindo (Persero), PT. Asuransi ASEI Indonesia, ALFI Jawa Timur (Forwader), PT. Rajawali Mas Sakti (Traccking), dan berbagai konsulat jendral dari berbagai negara turut hadir untuk mendukung terselenggaranya sinergi lintas provinsi ini.

Dalam event ini berbagai komoditas unggulan dari provinsi Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur dipamerkan secara langsung, sehingga para pengunjung dan investor dapat bertransaksi selama IBT Expo berlangsung.

Tak hanya pembukaan, selama 3 hari pameran dan berbagai IBT Forum Bisnis dengan para narasumber yang berkompeten.

Seperti dari unsur pejabat pemerintahan dari Jawa timur dan Indonesia Bagian Timur, serta para pelaku bisnis swasta yang telah berhasil menembus era bisnis Revolusi 4.0.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved