Berita Sidoarjo

Pria India Coba Selundupkan Sabu 1,3 Kg di Kotak Perhiasan, Bea Cukai Juanda Curiga saat X-Ray

Bea Cukai Juanda menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu sebanyak 1.330 gram yang dibawa pria WNA India

Pria India Coba Selundupkan Sabu 1,3 Kg di Kotak Perhiasan, Bea Cukai Juanda Curiga saat X-Ray
Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Bea Cukai Juanda saat menunjukkan tersangka penyelundupan sabu yang merupakan WNA asal India beserta barang buktinya, Senin (18/11/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Bea Cukai Juanda berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 13 bungkus dengan berat total sabu 1.330 gram. Sabu itu sendiri dibawa oleh WNA asal India yaitu Abdul Rauf Mohammed Yasin (40).

Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto, mengatakan tersangka naik pesawat Malaysia Airlines kode penerbangan MH 873 tujuan Kuala Lumpur-Surabaya.

"Tersangka ini menyimpan sabu di bawah kotak perhiasan imitasi yang ia masukkan di sebuah koper merah. Hal itu dilakukan untuk mengelabui petugas Bea Cukai Juanda," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id), Senin (18/11/2019).

Namun, petugas tidak mudah dikelabui begitu saja karena ketika dilakukan pemeriksaan melalui mesin x-ray, petugas mencurigai terhadap kotak perhiasan itu.

"Kami lakukan pemeriksaan secara detail terhadap kotak itu. Setelah kami buka bagian bawahnya ternyata ditemukan 13 bungkus plastik berisi kristal putih seberat 1.330 gram," ungkapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan melalui laboratorium ternyata kristal putih itu merupakan narkotika golongan I jenis Methamphetamine atau sabu.

"Kami langsung menangkap tersangka. Kemudian barang bukti dan tersangka yang kami amankan langsung kami serahkan Polresta Sidoarjo untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut," paparnya.

Sementara itu, Polresta Sidoarjo mengapresiasi penggagalan penyelundupan sabu oleh Bea Cukai Juanda.

"Langkah selanjutnya kami melakukan penyelidikan lebih lanjut kepada tersangka. Kami akan cari tahu akan dibawa kemana sabu itu dan mengungkap siapa yang telah membantu tersangka menyelundupkan sabu dari Malaysia ke Sidoarjo," tandas Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Anggi Naulifar Siregar.

Tersangka sendiri terancam hukuman cukup berat.

Karena perbuatan tersangka melanggar Pasal 113 Ayat 2 UU No 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara atau hukuman mati.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved