Single Focus

Ajak Warga Tekuni Hobi Bercocok Tanam, Distan Sebar 10.845 Paket Tanbulampot

"Jangan pernah berpikir nanti hasilnya akan bagaimana atau mau panen berapa. Tetapi yakinlah, bisa untuk sekadar kebutuhan masak sehari-hari."

Ajak Warga Tekuni Hobi Bercocok Tanam, Distan Sebar 10.845 Paket Tanbulampot
surya.co.id/ahmad zaimul haq
URBAN FARMING - Rendri Dwi Yuliana (39) bersama suami Salifudin (45) menanam sayuran dan buah dengan memanfaatkan lahan di depan rumah di kawasan Wonocolo Gang KH Zubair. 

PEMKOT Surabaya mendorong setiap warganya menjadi pelaku urban Farming. Tidak perlu tenaga ekstra, tidak perlu rumit karena tidak butuh lahan luas dan cukup menjalani sebagai hobi. Dan hasilnya bisa dirasakan.

Tidak saja menghemat pengeluaran, dengan menekuni hobi bercocok tanam di rumah bisa membantu meningkatkan aktivitas keseharian.

"Di tengah areal pertanian yang kian menyempit di perkotaan, kita perlu mengembangkan sistem urban farming. Warga tak lagi Pusing saat komoditas sayur dan harga cabe mahal," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Surabaya, Rahmad Kodariawan, Minggu (17/11).

Setidaknya, untuk masak sehari-hari tak perlu mengeluarkan uang.

Misalnya, hari ini ingin sayur bayam, besoknya kangkung, besoknya lagi terong, selanjutnya menyambal tomat. Begitu juga sayur-sayur lain.

Warga cukup menanam di pot sudah bisa diperoleh hasilnya. Inilah yang disebut Tanbulampot (tanaman dan buah dalam pot). Bisa dipetik buahnya dan dipanen tanaman sayurnya.

Model urban Farming yang begini sudah banyak diminati warga. Sampai-sampai DPKP Surabaya membagikan 10.845 paket Tanbulampot. Tidak hanya pot tetapi lengkap dengan bibit tanamannnya.

"Masyarakat tinggal tanam, taruh, dan rawat. Harus rutin dirawat dan disirami," kara Rahmad.

Biasanya Tanbulampot itu cukup diberikan tempat di halaman rumah atau bahkan loteng/lantai atas rumah.

Semua praktis bisa diupayakan pembudidayaan tanaman sayur dan buah dalam pot.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved