Berita Jember

BPBD Jember: Waspadai Angin Kencang dan Hujan Deras hingga Selasa 19 Nopember 2019

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember meminta warga Jember mewaspadai cuaca ekstrem.

BPBD Jember: Waspadai Angin Kencang dan Hujan Deras hingga Selasa 19 Nopember 2019
foto: dokumentasi
TRC BPBD Jember dan warga bersihkan pohon tumbang. BPBD Jember mengingatkan agar waspada hujan deras dan angin kencang dimusim pancaroba. 

Surya.co.id | JEMBER - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember meminta warga Jember mewaspadai cuaca ekstrem.

Cuacara ekstrem itu berupa hujan deras disertai angin kencang.

Prakiraan cuaca ini didapatkan BPBD Jember dari BMKG, mulai Rabu (13/11/2019) hingga Selasa (19/11/2019).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan informasi cuaca untuk tujuh hari itu kepada warga melalui sejumlah elemen dan komunitas.

"Bahwa selama tujuh hari sejak Rabu pekan lalu, kami meminta warga mewaspadai adanya hujan deras disertai angin kencang," ujar Heru kepada Surya.co.id, Minggu (17/11/2019).

Heru mengingatkan warga, terutama di beberapa kecamatan seperti Ledokombo, Sukowono, juga Kalisat untuk mewaspadai angin kencang dan potensi hujan deras tersebut.

Sebab angin kencang dan hujan deras berpotensi terjadi di beberapa kecamatan di sisi utara dan timur pusat Kota Jember itu.

Selama sepekan prakiraan cuaca hujan disertai angin kencang itu memang melanda Jember.

Sabtu (16/11/2019) angin puting beliung melanda tiga desa di Kecamatan Ledokombo.

Angin kencang itu membuat beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Berdasarkan pendataan BPBD Jember, ada 15 bangunan rusak akibat angin puting beliung itu.

Karenanya, Heru meminta warga waspada dan berhati-hati.

"Jika ada hujan dan angin kencang, jangan berteduh di bawah pohon, atau di dekat baliho. Dikhawatirkan mereka tumbang jika ada angin sangat kencang," tegas Heru.

Dari pengamatan Surya.co.id, siklus hujan deras dan angin kencang kerap melanda Kabupaten Jember terutama di masa perubahan musim, dari musim kemarau ke musim hujan.

Angin puting beliung beberapa kali melanda daerah yang topografinya di kelilingi perbukitan.

Beberapa kecamatan di Jember seperti Pakusari, Kalisat, Sukowono, Ledokombo diketahui sebagai daerah yang beberapa kali terkena angin puting beliung itu.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved