Berita Jember

15 Bangunan di Jember Rusak Akibat Puting Beliung

BPBD Jember mencatat 15 bangunan di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember rusak akibat terjangan angin puting beliung

15 Bangunan di Jember Rusak Akibat Puting Beliung
IST
TRC BPBD Jember dan warga bersihkan pohon tumbang akibat puting beliung 

SURYA.co.id | JEMBER - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat 15 bangunan di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember rusak akibat terjangan angin puting beliung, Sabtu (16/11/2019) sore.

Angin puting beliung yang datang bersamaan dengan hujan deras itu membuat beberapa pohon tumbang.

Pohon tumbang mengenai kabel listrik dan telepon hingga putus, juga mengenai rumah warga.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wib di tiga desa di Kecamatan Ledokombo. Ketiga desa itu adalah Desa Ledokombo, Sumberlesung, dan Lembengan.

"Setelah kami mendapatkan laporan adanya angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan, kami langsung mendatangi lokasi dan melakukan assessment. Ada rumah warga yang rusak, juga pohon tumbang. Terjadi di tiga desa," ujar Heru kepada Surya, Minggu (17/11/2019).

Secara keseluruhan, ada 15 bangunan yang rusak. Kerusakan dalam skala ringan hingga berat. Bangunan rusak di Desa Sumberlesung yakni milik Mistawi (68), Wawan (50), Lukman (21), Ersiya (59), Yoyok (47), Mashuri (42), Arif (32), Suwarni (44), Hj Suryadi (52), Warung Jalis, juga Toko Nurul. Sedangkan dapur milik Tanoker Ledokombo mengalami rusak berat.

Sementara bangunan rusak di Desa Ledokombo adalah rumah milik Asmat (51) yang mengalami rusak sedang, dan dapur milik Surahmat (67) yang mengalami rusak berat. Sedangkan bangunan rusak di Desa Lembengan menimpa sebauh warung milik Pak Sur (55).

BPBD juga mencatat beberapa pohon di tiga desa itu roboh ke arah jalan sehingga menggangu arus lalu lintas. "Korban jiwa nihil. Hari ini tadi, kami teruskan melakukan pemantauan juga mendistribusikan bantuan," imbuh Heru.

Minggu (17/11/2019), bantuan didistribusikan kepada warga yang terdampak angin puting beliung itu. Bantuan yang didistribusikan antara lain berupa sembako, peralatan dapur, paket sandang, terpal, juga kasur.

BPBD Jember juga masih menghitung kerugian material akibat bencana angin puting beliung itu. Sabtu (16/11/2019) hujan deras mengguyur sejumlah kawasan di Kabupaten Jember. Di beberapa titik, hujan deras itu disertai angin kencang. Sedangkan di Kecamatan Ledokombo, hujan deras juga disertai angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan pepohonan dan bangunan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved