Berita Jember

Pemkab Jember Bagi-bagi Ribuan KIS ke Keluarga Penerima Manfaat

Ada 895 ribu lebih KIS untuk masyarakat Jember yang dibiayai APBN dan 179 ribu KIS yang dibiayai APBD Kabupaten Jember

Pemkab Jember Bagi-bagi Ribuan KIS ke Keluarga Penerima Manfaat
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Wakil Bupati Jember, Abdul Muqit Arief membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Jember, Sabtu (16/11/2019). 

SURYA.co.id | JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember telah membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Jember. KIS yang dibagikan tersebut bersumber dari biaya APBN dan APBD Jember.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial, jumlah penerima KIS yang biayanya berasal dari APBN mencapai 895 ribu lebih, sedangkan KIS dari APBD Jember sekitar 179 ribu.

“Ada 895 ribu lebih KIS untuk masyarakat Jember yang dibiayai APBN dan 179 ribu KIS yang dibiayai APBD Kabupaten Jember,” ujar Wakil Bupati Jember, Abdul Muqit Arief, Sabtu (16/11/2019).

Pembagian itu KIS akan diberikan secara bertahap. Ada lima tahapan pembagian KIS hingga pertengahan November ini.

Tahap kelima pembagian KIS untuk mewujudkan Jember Sehat dilakukan di Pondok Pesantren Al-Imam Desa Gambiran Kecamatan Kalisat, Jember.

Pembagian KIS dilakukan dalam acara tatap muka secara langsung dengan penerimanya oleh Wabup Jember,  Abdul Muqit Arief.

Bagi Muqit, kegiatan pelayanan kepada masyarakat itu sekaligus sebagai media untuk bertemu dan berkomunikasi dengan masyarakat.

Kegiatan itu juga menjadi kesempatan untuk mengunjungi pondok-pondok yang ada di Jember.

Muqit menegaskan, KIS merupakan program jaminan kesehatan dari Pemerintah Pusat untuk masyarakat miskin.

“KIS ini diberikan kepada masyarakat, agar saat sakit tidak perlu khawatir biaya, cukup menggunakan KIS,” jelasnya.

Kepada warga yang menerima KIS, dia berpesan agar selalu menjaga kesehatan. Warga juga diminta untuk membiasakan diri hidup sehat. Untuk anak-anak, wabup juga berharap untuk membiasakan mengonsumsi makanan sehat, tidak jajan sembarangan, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial, Wahyu Setyo H mengatakan pembagian KIS tahap kelima di Kalisat menyasar untuk 11.668 kepala keluarga (KK).

“Terbagi atas Kecamatan Sumberjambe 3.364 KK, Kalisat 4238 KK dan Kecamatan Sukowono 4066 KK,” ujar Wahyu.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved