Berita Surabaya

Dua Hari Hidupkan Taman Budaya Candra Wilwatikta Pasuruan melalui Konser Musik

Sebuah konser musik pun akan digelar selama dua hari di tempat yang dipercaya sebagai petilasan Majapahit, Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan.

SURYA.co.id/Christine Ayu Nurchayanti
Konferensi pers Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (16/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, merupakan taman budaya yang dikenal melalui pagelaran sendratari.

Untuk lebih menghidupkan eksistensi tempat yang dipercaya sebagai petilasan Majapahit ini,  sebuah konser musik pun akan digelar selama dua hari pada Sabtu (16/11/2019) dan Minggu (17/11/2019)

Beberapa musisi tanah air yang turut meramaikan konser tersebut antara lain, Indra Lesmana, Syaharani, Slank, Jamrud, Soimah dan artis tanah air lainnya.

"Kami ingin mengembalikan peran Taman Budaya Candra Wilwatikta sebagai tempat pengembangan budaya di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Salah satunya yaitu mendatangkan musisi tanah air," ungkap Sekretaris daerah Jawa Timur, Heru Tjahjono dalam konferensi pers 'Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser' di Bumi Hotel Surabaya, Sabtu (16/11/2019).

Taman Candra Wilwatikta, kata Heru, dikenal sebagai lokasi gelaran sendratari Ramayana yang diadakan setiap tahun. Seiring berjalannya waktu, eksistensinya pun semakin pudar.

"Kami ingin mengembalikan perannya lagi. Untuk itu, kami mengkombinasikan budaya tradisional dengan modern, di antaranya melalui musik. Kami ingin menarik minat anak muda untuk datang," tuturnya.

Dalam konser tersebut, para penonton tak hanya disuguhi penampilan musik. Melainkan juga pertunjukan seni ludruk, tari kolosal, visual hikayat Majapahit dan lainnya.

Dengan demkikian, promotor Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser, Gagah Wibowo menambahkan, konsep tersebut juga menjadi media edukasi budaya bagi masyarakat.

"Kejayaan Majapahit selaras dengan semangat pembangunan di Jawa Timur," tuturnya.

Musisi yang hadir, lanjutnya, mewakili lintas genre. Seperti Indra Lesmana yang hadir dengan proggresive rock-nya atau Slank yang multi genre dengan banyak fans di Jawa Timur.

Ivan, bassist Slank sekaligus pengisi Bank Jatim Wilwatikta Spektakonser, mengaku antusias dengan penampilan Slank kali ini.

"Senang banget karena tempatnya sangat bagus. Kali ini akan ada penampilan seni lintas genre, mulai dari tradisional hingga modern," tuturnya.

Lanjutnya, konser tersebut akan istimewa. Slank pun, ungkap Ivan, akan membawakan lagu dari album mereka yang terbaru, Bercinta di Surga.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved