Berita Bisnis

Berkat Internet Dari Langit, Wilayah 3T Siap Laksanakan UNBK

Ubiqu, solusi internet satelit dari PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) berhasil memberikan layanan internet untuk wilayah 3T

Berkat Internet Dari Langit, Wilayah 3T Siap Laksanakan UNBK
Dokumen Ubiqu
Para siswa SMAK St. Paulus, Maluku Barat Daya, sedang menggunakan internet satelit, Ubiqu, yang dipasang di sekolahnya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ubiqu, solusi internet satelit dari PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) berhasil memberikan layanan internet untuk wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) Indonesia di pulau Miangas.

Pulau terluar di Indonesia yang berbatasan dengan Filipina itu, membuat para guru mesti menyeberang pulau selama kurang lebih delapan jam untuk sekadar melakukan update Data Pokok Pendidikan (Dapodik) melalui jaringan internet.

Kondisi itu makin sulit karena tidak setiap hari jadwal kapal tersedia. Belum lagi nanti apabila sekolah di Miangas harus mengadakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang diterapkan secara merata di seluruh Indonesia.

Ini tentunya menyulitkan para siswa yang ingin mengikuti ujian pada Maret 2020 mendatang.

"Miangas menjadi salah satu contoh daerah yang menyadari bahwa keberadaan internet menjadi suatu hal yang penting saat ini, karena dapat menunjang kebutuhan akan data dan informasi serta dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya," jelas Meidiyanto Andwiputro, General Manager Marketing PSN, Sabtu (16/11/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Ubiqu berkomitmen untuk selalu menjadi salah satu provider internet yang berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia.

Berdasarkan data pelanggan Ubiqu, pada Maret tahun 2019 ini, sebanyak puluhan sekolah telah aktif menggunakan internet untuk UNBK.

Setelah itu, penggunaan Ubiqu lebih kepada pemanfaatan internet oleh para siswa dan guru.

“Kami senang dapat menjadi bagian peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Ujian nasional dengan menggunakan internet yang semula menjadi hal yang mustahil dapat terbantu dengan adanya internet satelit yang tersedia meski di daerah luar jaringan terestrial seperti wilayah 3T. Untuk itu, kami akan selalu hadir demi dan untuk masyarakat sehingga digital gap di Indonesia semakin berkurang,” ungkap Meidiyanto.

SMAN 1 Tanimbar Selatan, Maluku Barat Daya, Maluku, menjadi salah satu sekolah yang telah menggunakan Ubiqu, solusi internet satelit dari PT PSN sejak 2018.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved