Berita Surabaya

Jawa Timur Pecahkan Rekor MURI Sajikan Bandeng Presto Terbanyak 11.089 Ekor

Kegiatan ini juga untuk dalam menggalakkan semangat gemar makan ikan pada masyarakat dan anak-anak Jawa Timur.

Jawa Timur Pecahkan Rekor MURI Sajikan Bandeng Presto Terbanyak 11.089 Ekor
surya.co.id/fatimatuz zahroh
Salah satu stan inovasi kreasi bidang perikanan dan kelautan dalam acara Jatim Fish and Marine Exhibition 2019 yang diselenggarakan di Parkir Timur Plaza Surabaya, Jumat (15/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Provinsi Jawa Timur memecahkan rekor MURI untuk Penyajian Bandeng Presto sebanyak 11.089 buah dalam acara Jatim Fish and Marine Exhibition 2019 yang diselenggarakan di Parkir Timur Plaza Surabaya, Jumat (15/11/2019).

Para UKM pengusaha bandeng presto dari Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo turut berpartisipasi dalam kegiatan pemecahan rekor penyajian bandeng presto ini.

Bukan hanya untuk memecahkan rekor, namun kegiatan ini juga untuk dalam menggalakkan semangat gemar makan ikan pada masyarakat dan anak-anak Jawa Timur.

"Sering sekali saya menyampaikan pentingnya petik olah kemas jual. Dengan diolah maka ikan itu tidak mudah busuk. Biasanya iklan busuk diolah untuk tepung ikan. Tapi kan tidak semua punya mesin pengolah menjadi tepung ikan," kata Khofifah.

Dalam exhibition ini, ada banyak inovasi olahan ikan yang ditampilkan. Bukan hanya dalam bentuk ikan bandeng presto.

Tapi juga ada banyak olahan ikan yang dikreasikan menjadi olahan yang ramah anak.

Misalnya ada hilirisasi pengolahan ekstrak ikan tuna menjadi coklat.

Inovasi pengolahan ikan itu turut ditampilkan dalam exhibition ini.

"Jadi kalau ada anak yang susah makan ikan maka bisa dikenalkan dengan menggunakan coklat ini. Bahkan ada pula ekstrak ikan yang dicampur dengan daun kelor. Kita tahu kalau kelor itu kandungannya banyak bahkan antioksidannya tinggi, ini tentunya sangat bermanfaat," kata Khofifah.

Di sisi lain, mantan Menteri Sosial RI ini mengatakan bahwa yang juga potensial untuk didorong adalah ekspor di bidang perikanan Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved