Berita Bojonegoro

Rumah Rajut Bonorejo Bojonegoro, Sukses Jual Produk ke Amerika Berkat Pelatihan dari ExxonMobil

ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar

Rumah Rajut Bonorejo Bojonegoro, Sukses Jual Produk ke Amerika Berkat Pelatihan dari ExxonMobil
surya/m sudarsono
Kelompok Rumah Rajut Bonorejo, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, saat mendapatkan pelatihan merajut dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), selaku perusahaan minyak yang berada di Kecamatan Gayam, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Perusahaan minyak asal Amerika ini terus memberdayakan kemampuan masyarakat melalui sejumlah program, di antaranya program PRIMA (Perempuan Indonesia merajut, red).

Hal itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di wilayah operasional perusahaan. Terutama untuk kaum perempuan. External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin, mengatakan, perusahaan bersama mitra Yayasan Sri Sasanti Indonesia telah melatih lebih dari 125 perempuan asal Bojonegoro untuk menjadi perajut.

Bahkan 90 persen produksi telah rutin menjual hasil rajutan ke distributor, seperti menjual tas rajutan dan produk rajut lainnya ke pasar internasional.

"Ini sudah sejak 2018, kami memang memperhatikan betul bagaimana perempuan di sekitar perusahaan," ujarnya kepada Surya, Kamis (14/11/2019).

Dia menjelaskan, tidak hanya menjual ke pelapak berpangsa internasional, para perempuan perajut juga memasarkan produk rajutannya secara lokal di Bojonegoro

Bahkan, perusahaan bersama mitra juga memberi pembinaan kepada perempuan perajut untuk mengembangkan usahanya, agar dapat memanfaatkan jejaring sosial dan teknologi masa kini.

Diharapkan, program ini dapat membantu para perempuan untuk meningkatkan kapasitasnya, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga dan menjadi penggerak usaha rajut di Bojonegoro.

"Kami juga berikan pelatihan e-commerce untuk terus memajukan usaha mereka, kami berkomitmen kehadiran perusahaan dapat memberdayakan para perempuan untuk dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan di lingkungannya," ungkapnya.

Kelompok Rumah Rajut Bonorejo, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, saat mendapatkan pelatihan e-commerce dari Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL).
Kelompok Rumah Rajut Bonorejo, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, saat mendapatkan pelatihan e-commerce dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). (surya/m sudarsono)

Ketua Rumah Rajut Bonorejo Kecamatan Gayam, Siti Nurul Hidayati (28), menyatakan, sudah setahun kelompoknya mendapatkan pelatihan pemberdayaan dari ExxonMobil.

Pelatihan yang difasilitasi EMCL dengan menggandeng lembaga yang berkompeten berhasil membuat para perempuan aktif berkarya, seperti membuat produk hasil rajutan, tas, dompet, shall, dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved