Berita Kediri

Gedung Bekas RSUD Gambiran Kediri Akan Dijadikan Rumah Sakit Tipe C

Rekomendasi atau kesimpulan kajian tersebut adalah bahwa pemanfaatan terbaik untuk aset tersebut adalah sebagai rumah sakit tipe C

Gedung Bekas RSUD Gambiran Kediri Akan Dijadikan Rumah Sakit Tipe C
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Budwi Sunu, Sekretaris Daerah Kota Kediri membacakan jawaban Wali Kota Kediri pada rapat paripurna DPRD Kota Kediri, Kamis (14/11/2019).  

SURYA.co.id | KEDIRI - Ketua DPRD Kota Kediri, Agus Sunoto memimpin Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Kediri atas Rancangan APBD Kota Kediri  tahun anggaran 2020 di Ruang Sidang DPRD Kota Kediri, Kamis (14/11/2019). 

Pada kegiatan ini, Wali Kota Kediri Adullah Abu Bakar  diwakili Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu.

Dalam rapat paripurna, masing-masing Fraksi DPRD Kota Kediri menyampaikan pandangan umumnya terkait rancangan APBD Kota Kediri tahun anggaran 2020.

Ada sejumlah bahasan yang disampaikan dalam pandangan fraksi. Di antaranya,  penanganan dan pemanfaatan Pasar Setono Betek, pemanfaatan bangunan eks RSUD Gambiran untuk menjadi rumah sakit tipe C, pembangunan gorong-gorong atau trotoar.

Sementara Budwi Sunu membacakan jawaban Wali Kota Kediri atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD menyebutkan, penanganan dan pemanfaatan Pasar Setono Betek untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah melakukan upaya persuasif melalui koordinasi dengan pedagang dan paguyuban. 

Selain itu ada upaya administratif dengan memberi surat peringatan agar pedagang yang sampai saat ini tidak menggunakan tempat usaha segera membuka kiosnya untuk berdagang agar blok A bisa ramai.

Sedangkan, pemanfaatan bangunan eks RSUD Gambiran untuk menjadi rumah sakit tipe C, Budwi Sunu menjelaskan Pemerintah Kota Kediri bekerja sama dengan Sucofindo menyusun kajian pemanfaatan bangunan eks RSUD Gambiran

Rekomendasi atau kesimpulan kajian tersebut adalah bahwa pemanfaatan terbaik untuk aset tersebut adalah sebagai rumah sakit. Adapun saran dari kajian tersebut adalah rumah sakit tipe C atau D karena rumah sakit ini dibutuhkan oleh masyarakat Kota Kediri.

Selanjutnya pada 2019 Pemkot Kediri membentuk Tim Pengkaji Pemanfaatan Barang Milik Daerah untuk pendirian rumah sakit tipe C yang ditetapkan dengan Keputusan Walikota Kediri Nomor 188.45/671/419.033/2019. 

Adapun kesimpulan dari kajian ini adalah RSUD Gambiran Lama dimanfaatkan menjadi rumah sakit tipe C yang dikelola Pemerintah Kota Kediri. 

Sebagai tindak lanjut dari dua kajian tersebut maka diterbitkan surat Walikota Kediri nomor 590/1054/419.201/2019 tanggal 23 Juli 2019 tentang persetujuan penggunaan aset RSUD Gambiran Lama untuk rumah sakit tipe C. 

Pada perubahan APBD 2019 Pemerintah Kota Kediri telah mengalokasikan anggaran untuk penyediaan sarana prasarana rumah sakit.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved