Berita Tuban

Terkait Kabar Pemecatan 8 Karyawan Pertamina EP Asset 4, begini Reaksi Pemkab Tuban

Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, merespons kabar pemecatan 8 pekerja oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati.

Terkait Kabar Pemecatan 8 Karyawan Pertamina EP Asset 4, begini Reaksi Pemkab Tuban
surya.co.id/sudarsono
Komisi 2 DPRD Tuban bersama perwakilan pekerja dan Dinas terkait saat mediasi terkait PHK. 

SURYA.co.id | TUBAN - Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, merespons kabar pemecatan delapan pekerja  oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Tuban.

Perusahaan seharusnya tidak asal pecat maupun mengurangi hak para pekerja, meski statusnya sudah alih kelola.

"Tidak dibenarkan itu pemecatan, meski status perusahaan sudah alih kelola," kata Kabid Hubungan Industrial Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Tuban, Wadiono kepada wartawan, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, meski sudah alih kelola dari Joint Operating Body Pertamina - Petrochina East Java (JOB-PPEJ) ke Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field sejak 20 Mei 2018, itu tidak serta merta mengurangi hak pekerja.

Untuk tenaga kerja yang masih digunakan statusnya pekerja tetap, tidak boleh di perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) atau pekerja waktu tertentu (PWT). 

Pihaknya juga sudah menjelaskan pelanggaran yang dilakukan perusahaan, namun perusahaan milik negara itu masih bersih kukuh kontrak yang dilakukan atas dasar kesepakatan. 

"Meski sepakat kalau melanggar undang-undang kan tidak boleh, pekerja minta kembali dipekerjakan sudah betul. Secara undang-undang tidak boleh main PHK, kecuali ada putusan pengadilan. Bahkan, hak pekerja harus tetap dibayar, kalau tidak dibayar maka jadi piutang perusahaan," pungkasnya.

Sedangkan, Legal & Relations Pertamina EP Sukowati Field, Angga Aria, menepis bahwa itu (pemecatan) bukan pemutusan hubungan kerja. Namun, memang masa kontrak berakhir.

"Itu memang masa kontraknya berakhir, jadi bukan dipecat," kata Angga Aria dikonfirmasi, Rabu (13/11/2019).

Dia menjelaskan, jika keberadaan para teman-teman pekerja yang mengaku dipecat itu statusnya Pekerja Waktu Tertentu (PWT) yang kebetulan masa kontrak kerjanya habis.

Halaman
123
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved