Berita Gresik

Penyebab Rapat Dewan Pengupahan Gresik untuk Membahas Upah Minimum Sektoral Kabupaten Batal Digelar

Perwakilan pengurus serikat pekerja menunggu anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Gresik di kantor Disnaker Gresik, Rabu (13/11/2019).

Penyebab Rapat Dewan Pengupahan Gresik untuk Membahas Upah Minimum Sektoral Kabupaten Batal Digelar
surya.co.id/sugiyono
Perwakilan pengurus serikat pekerja menunggu anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Gresik di kantor Disnaker Gresik, Rabu (13/11/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Rapat dewan pengupahan Kabupaten Gresik untuk membahas upah minimum kabupaten/kota sektoral (UMSK)  batal digelar, Rabu (13/11/2019).

Rapat digelar di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik itu batal gelar karena tidak adanya kuorum rapat.

Pengurus Serikat pekerja Logam, Elektronik dan Mesin (Lem) Kabupaten Gresik Muhammad Qoiron nenjelaskan,batalnya rapat digelar karena perwakilan dari tiga instansi tidak hadir.

Yaitu, Bidang Hukum Pemkab Gresik, Bagian Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Gresik, serta Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik.

"Padahal anggota dewan pengupahan Kabupaten Gresik hanya 9 unsur. Tiga tidak hadir sehingga rapat tidak kuorum. Akhirnya, rapat dibatalkan," kata Qoiron.

Agenda rapat dewan pengupahan Kabupaten Gresik itu untuk membahas usulan UMSK.

Penetapan UMSK itu juga amanah peraturan pemerintah.

"Penetapan UMSK ini juga sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 dan Permenaker," katanya.

Agenda rapat tersebut akan membahas tiga hal, yaitu pengelompokan tiga sektor industri. Sekotor Gas - Listrik, sektor Kimia dan sektor Logam.

"Karena tidak kuorum sehingga rapat hari ini tidak membuahkan hasil. Notulensi saja tidak ada," imbuhnya.

Sedangkan untuk renacan kenaikan UMK 2020, para serikat pekerja di Gresik tidak mempermasalahkan. Besaran UMK 2019 sebesar Rp 3,867 Juta kemudia naik 8,51 persen untuk 2020, sebesar Rp 4,197 Juta.

Padahal Polres Gresik telah menurunkan pasukan berupa mobil water canon, pemecah masa, untuk mengamankan rapat di depan Kantor Disnaker Kabupaten Gresik.

Pengamanan tersebut karena pengurus serikat pekerja membawa massa ratusan orang untuk mendukung pengurus rapat bersama dengan dewan pengupahan.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved